Menariknya Pesta Pembukaan Piala Dunia 2022: Dari Aksi Memukau Jungkook, Maskot La’eeb hingga Nostalgia Lagu <i>Waka Waka</i>
Jungkook (Instagram.com/@fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia 2022 sukses menggelar pesta pembukaan pada Minggu malam. Mengusung tema kebersamaan untuk seluruh umat manusia, acara pembukaan di Stadion Al Bayt Al Kohr itu bukan cuma meriah tapi juga sarat makna.

Di stadion berkapasitas 60 ribu penonton itu, penampilan paling dinanti adalah momen solo personel BTS, Jungkook. Jadi penampil khusus di acara pembukaan Piala Dunia 2022, anggota termuda grup idol Korea Selatan itu membawakan lagunya yang berjudul Dreamer.

Tak sekadar memukau para penggemar dengan aksi solonya di atas panggung, Jungkook juga berkolaborasi dengan musisi lokal, Fahad Al Kubaisi.

Bukan cuma menampilkan pertunjukan memukau, pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar juga membawa para penonton bernostalgia pada momen-momen Piala Dunia sebelumnya.

Hal ini disajikan lewat diputarnya lagu Waka Waka yang dibawakan penyanyi Latin, Shakira. Lagu ini merupakan soundtrack resmi Piala Dunia tahun 2010 di Afrika Selatan. Tak hanya Waka Waka, penyelenggara juga membangkitkan kembali kenangan masa lalu lewat sederet soundtrack edisi sebelumnya.

Kemunculan maskot dari berbagai edisi Piala Dunia juga mengundang decak kagum para penonton. Penyelenggara menampilkan Willie, maskot Piala Dunia Inggris 1996, Juantino sebagai maskot Meksiko di tahun 1970, Tip & Tap dari Piala Dunia Jerman 1974, hingga Zakumi yang jadi maskot Afrika Selatan 2010.

Akhir kemeriahan upacara pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar tentu tak lepas dari munculnya La'eeb. Maskot Piala Dunia Qatar yang merupakan seekor ikan pari berwarna putih. Sebelum itu, kemunculan aktor kenamaan, Morgan Freeman juga sukses mendulang perhatian.

Freeman menyerukan sejumlah pesan persatuan di balik penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar. Ia tampil bersama duta Piala Dunia 2022, Ghanim Muftah yang merupakan penyandang disabilitas.

Di sela narasi mereka tentang kemanusiaan dan persatuan, Ghanim melantunkan potongan ayat suci Al-Qur'an berupa surat Al-Hujurat ayat ke-13 yang sesuai dengan tema Piala Dunia 2022.