Jumlah Pengikut Lionel Messi di Media Sosial Fantastis, Lebih Banyak dari Penduduk Amerika Selatan
Lionel Messi (Instagram @leomessi)

Bagikan:

JAKARTA - Bintang timnas Argentina, Lionel Messi punya catatan fantastis soal jumlah pengikutnya di media sosial. Bahkan, jika dibandingkan dengan penduduk suatu negara, jumlahnya lebih banyak ketimbang penduduk Amerika Selatan.

Dikutip dari Marca pada Minggu, 20 November, jumlah pengikut Messi di sosial media berjumlah 476 juta orang berkat popularitas dan prestasinya di lapangan. Jika dilihat secara spesifik, jumlah pengikut itu sepuluh kali lebih banyak ketimbang penduduk Argentina yang berjumlah 45,8 juta orang.

Sumber juga mengatakan, pengikut Messi itu masih tetap lebih banyak 300 juta orang dari jumlah total tiga negara yang sempat dibelanya. Messi tercatat tampil untuk Argentina (45,8 juta orang), Spanyol (47,3 juta orang) dan Prancis (67,5 juta orang) yang jika di total hanya berjumlah 160,6 juta orang.

Selain Messi, sumber menyebut Paulo Dybala juga jadi pesepak bola yang punya banyak pengikut. Pemain AS Roma itu punya 68,9 juta pengikut yang membuatnya masuk ke peringkat delapan dari daftar 10 pemain paling populer pada Piala Dunia Qatar 2022.

Sedangkan untuk pemain dengan pengikut paling banyak di media sosial dipegang oleh Cristiano Ronaldo. Ia menjadi pesepak bola paling populer di Piala Dunia Qatar 2022 dengan 747,1 juta pengikut.

Dengan catatan itu, pengikut Ronaldo 4,5 kali lebih besar daripada pengikut timnas Inggris dengan 164 juta pengikut. Selain itu, pengikut Ronaldo ini juga lebih banyak dari jumlah penduduk di semua negara tempat dia bermain.

Sebut saja Inggris dengan jumlah penduduk 55,9 juta orang, Italia 59 juta, Spanyol 47,3 juta dan Portugal 10,1 juta orang. Jika jumah penduduk keempat negara ini digabungkan, jumlahnya hanya jumlah 172.3 juta orang, masih lebih sedikit dari pendukung Ronaldo di sosial media.

Jumlah pengikut Ronaldo itu juga otomatis menjadi keuntungan bagi timnas Portugal. Dengan pesona sang bintang, timnas Portugal kecipratan menjadi tim yang paling banyak diikuti di Piala Dunia Qatar 2022. Dengan jumlah 826 juta pengikut, Portugal mendahului Brasil dengan 678 juta dan Argentina dengan 619 juta pengikut di media sosial.

Di sisi lain, pesona bintang Portugal itu jelas mengungguli Messi di posisi kedua dengan 476 juta pengikut dan Neymar di posisi ketiga dengan 337.5 juta pengikut.

Selain nama-nama di atas, pesepak bola lain seperti Karim Benzema, Gareth Bale, Kylian Mbappe, Luis Suarez, Antoine Griezmann dan Robert Lewandowski juga termasuk dalam daftar sepuluh pemain dengan pengikut terbanyak. Hal itu berdasarkan hasil riset agensi digital dan sepak bola, PMPR Excellence untuk menganalisis pengaruh media sosial pada putaran akhir Piala Dunia 2022.