Klitschko Bersaudara Dukung Oleksandr Usyk Tarung Ulang Lawan Anthony Joshua
Oleksandr Usyk  (Instagram @team_usyk)

Bagikan:

JAKARTA – Kakak beradik mantan petinju kelas berat Vitali Klitschko dan Wladimir Klitschko mendukung keputusan Oleksandr Usyk meninggalkan Ukraina untuk berlatih dan mempersiapkan diri demi pertandingan ulang dengan melawan Anthony Joshua.

Pertarungan ulang antara Anthony Joshua dan Usyk sebelumnya sempat terancam batal karena Usyk ikut angkat senjata membela negaranya dari invasi Rusia. Namun, kini Usyk kabarnya sudah memutuskan meninggalkan Ukraina untuk berlatih sebagai persiapan menghadapi Joshua.

Vitali yang sekarang menjabat walikota Kyiv pun memberikan dukungan atas keputusan yang dibuat Usyk. Ia bahkan ingin berbicara dengan Usyk dan menitipkan beberapa pesan sebelum pertarungan itu.

"Pesan yang sangat penting dapat disampaikan melalui acara seperti ini. Kami tidak tahu apakah dalam tiga bulan kami masih ada. Saya sebenarnya punya rencana untuk berbicara dengan Oleksandr Usyk untuk memberinya nasihat jika dia memutuskan untuk bertarung," ujar Vitali dikutip The Sun dari The Telegraph.

Usyk sendiri sudah mengonfirmasi melalui media sosial Instagram terkait keputusannya meninggalkan Ukraina. Ia mengatakan bahwa banyak dari rekan-rekannya yang mendukung rematch dengan petinju asal Inggris itu.

"Saya memutuskan untuk mulai mempersiapkan pertandingan ulang dengan Anthony Joshua, sejumlah besar teman saya mendukung saya, semua yang lain baik dan damai," kata dia.

Adik Vitali, Wladimir Klitschko, yang kalah dari Anthony Joshua pada 2017 sebelum pensiun, juga memberikan restu kepada Usyk.

"Ada pro dan kontra dan itu adalah keputusan yang sulit untuk dibuat untuk Oleksandr Usyk tetapi untuk mengibarkan bendera Ukraina dan lagu kebangsaan kami dinyanyikan dan salah satu duta besar negara kami di luar sana dengan pola pikir yang benar bisa lebih positif daripada negatif," kata Wladimir.

"Kami membutuhkan dukungan. Sejak awal perang, ekonomi tidak ada apa-apanya, tapi tolong jangan lupa kami membela prinsip-prinsip demokrasi kebebasan dan pilihan bebas," ia melanjutkan.

Usyk merupakan juara dunia pemegang empat sabuk versi WBA, WBO, IBF, dan IBO. Ia memperoleh semua sabuk itu usai menumbangkan Joshua lewat kemenangan angka mutlak pada 26 September 2021 lalu di Tottenham Hotspurs Stadium, Inggris

Sebelumnya promotor tinju Bob Arum sempat mengonfirmasi jadwal bentrok antara Usyk dan Joshua pada Februari lalu. Ketika itu ia menyebut duel ulang keduanya akan berlangsung pada Juni terdekat.