Bagikan:

JAKARTA - Kehadiran mengenai GT-R generasi terbaru sangat dinanti-nantikan oleh pecinta otomotif, khususnya penggemar mobil Japanese Domestic Market (JDM).

Setelah sukses besar dengan GT-R R35 selama lebih dari satu dekade, Nissan berniat untuk membawa generasi terbaru dari model tersebut di masa mendatang.

Menurut laporan dari sebuah media di Jepang, Best Car, Kamis, 20 Juli, mobil yang akan memakai nama R36 GT-R tersebut akan hadir sebagai mobil listrik dan direncanakan akan diproduksi massal.

Nissan menjadwalkan bahwa GT-R terbaru tersebut diluncurkan pada 2028 mendatang dengan menggunakan baterai solid-state generasi terbaru yang memiliki performa dan daya jelajah terdepan.

Dikabarkan juga, Nissan GT-R tersebut akan menggunakan tipe coupe empat pintu dengan empat tempat duduk, di mana mobil ini akan bersaing dengan mobil sport EV lainnya, seperti Porsche Taycan.

Bahkan, kemungkinan mobil ini hadir sebagai GT-R tercepat dalam sejarah hadirnya model tersebut sejak 1969. Bahkan, GT-R R36 bisa jauh lebih bertenaga dari mobil berperforma tinggi Taycan Turbo S dengan menghasilkan lebih dari 750 dk.

Dengan digerakkan oleh baterai solid-state yang canggih, ini dapat menggantikan sistem penggerak empat roda yang telah ada pada model GT-R sebelumnya bermesin konvensional.

Nissan mengklaim teknologi solid-state yang tidak menyertakan cairan sebagai elektrolit baterai, memiliki ukuran yang lebih kecil dengan menawarkan jarak tempuh yang sama dengan daya berkapasitas besar lainnya, serta memiliki biaya produksi lebih murah.

Pabrik Yokohama memiliki peran yang krusial dalam memproduksi jantung pacu untuk mobil Nissan selama bertahun-tahun. Dengan beralih ke elektrifikasi, pabrik ini juga akan merakit motor listrik untuk mobil hybrid serta EV dan akan mengembangkan powertrain berteknologi tinggi untuk kebutuhan pasar global.

Jika kabar tersebut benar adanya, maka ini akan merevolusi berbagai aspek yang ada pada model GT-R. Terlebih lagi, model sport tersebut telah lama menggunakan mesin bensin dengan V6 sejak lama.