Bagikan:

JAKARTA - Porsche, merek mobil sport asal Jerman, secara resmi menambah jumlah model kendaraan listriknya dengan memperkenalkan Taycan Turbo GT, mobil listrik paling bertenaga yang pernah ada dalam sejarah perusahaan.

Mobil ini memiliki sejumlah hal yang ditingkatkan demi mendapatkan performa luar biasa, terdiri dari peningkatan pada aerodinamika dan sasis, di mana ini sejalan dengan lencana ‘GT’ yang disematkan pada model ini.

Selain itu, Taycan Turbo GT ini ditawarkan juga dalam paket ‘Weissach’ sebagai optional yang memberikan performa lebih dinamis. Model dengan paket ini juga mencatatkan rekor EV dengan waktu tercepat di sirkuit Laguna Seca, AS, pada 23 Februari lalu dengan 1:27,87 dengan pembalap Porsche, Lars Kern.

Porsche Taycan Turbo GT

“Teknisi kami telah mencapai hal ini dengan cara yang benar-benar menakjubkan dan telah melakukan pekerjaan luar biasa dengan model Taycan yang baru saja diperbarui,” kata Kevin Giek, selaku Vice President Model Line Taycan dalam laman resmi merek, Senin, 11 Maret.

Porsche mengklaim, mobil sporty ini memiliki bobot 75 kg lebih ringan dibandingkan dengan varian Turbo S. Sejumlah komponen berkarbon turut berkontribusi dalam pengurangan berat. Serat karbon digunakan pada trim pilar B, tutupan kaca spion, serta komponen lainnya.

 Interior Porsche Taycan Turbo GT

Selain itu, bagian kursi bucket di bagian interior juga terbuat dari serat karbon, kompartemen bagasi yang ringan, serta dihilangkannya soft-closing elektrik pada pintu belakang yang berperan mengurangi berat kendaraan.

Agar mendapat pengalaman berkendara berbeda, Taycan Turbo GT dibekali dengan suspensi Porsche Active Ride. Sistem ini dapat memberikan pengendalian yang andal sehingga mobil dapat terintegrasi dengan trek atau jalan raya dengan baik. Demi mendukung pengendalian, pabrikan memberi mobil ini dengan pelek 21 inci tempa ringan.

Pabrikan juga memberi mobil ini spoiler depan dengan aeroblade khusus. Selain itu, tampilan belakang diberi sayap belakang yang adaptif, berperan dalam memaksimalkan aerodinamika pada kendaraan.

Selain itu, mobil tersebut dibekali motor listrik bertenaga yang dapat menghasilkan daya puncak hingga 815 kW (setara dengan 1.092 dk) dan torsi 1.340 Nm. Dengan demikian, mobil ini dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km.jam dalam 2,3 detik saja dengan kecepatan tertinggi 306 km/jam.

Performa gahar tersebut juga didukung oleh jarak tempuh yang mengesankan. Taycan Turbo GT memiliki baterai yang dapat menempuh jarak hingga 555 km.

Diperkirakan, Porsche Taycan Turbo GT akan mulai dikirimkan ke pelanggan pada musim panas tahun ini. Pengumuman soal harga akan segera diumumkan dan diprediksi akan menjadi model Taycan termahal yang pernah ada.