Sukses Luncurkan Ioniq 5 N, Hyundai Tidak Tertarik Hadirkan Mobil Bertenaga 1.000 Dk
Hyundai Ioniq 5 N (sumber: Hyundai Motor Group)

Bagikan:

 

JAKARTA - Kehadiran Ioniq 5 N membuktikan bahwa Hyundai dapat menciptakan kendaraan listrik (EV) berperforma tinggi. Meskipun demikian, perusahaan dari Korea Selatan ini tidak berniat menghadirkan mobil yang lebih bertenaga hingga 1.000 dk.

Vice President N Brand Management Joonwoo Park, berpendapat bahwa pihaknya tidak ingin terlibat dalam ‘perang daya kuda’ saat menghadirkan kendaraan performa tinggi dan memfokuskan pada kesenangan dalam berkendara.

“Meningkatkan tenaga kuda secara berkali-kali pada kendaraan listrik sangatlah mudah, namun kami memiliki pendekatan yang berbeda,” ucap Park dikutip dari InsideEVs, Rabu, 17 April.

Park juga menilai tidak semua orang dapat mengendalikan buasnya Ioniq 5 N yang memiliki tenaga 641 dk (dengan fitur N Grin Boost), sehingga berpendapat bahwa menghadirkan EV bertenaga lebih dari 1.000 dk bukanlah hal yang tepat.

Rimac Nevera.

“Meskipun kita bisa memiliki mobil dengan lebih dari 1.000 dk, tidak banyak orang yang bisa mengendalikannya,” tambah Park.

Saat ini, terdapat sejumlah model EV yang miliki tenaga menembus 1.000 dk, yakni Porsche Taycan Turbo GT, Tesla Model S Plaid, dan Rimac Nevera.

Diluncurkan pada Maret lalu, Porsche Taycan Turbo GT memiliki motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga puncak 1.092 dk dan torsi 1.340 Nm, sehingga mampu berjalan dari 0 ke 100 km/jam dalam 2,3 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 306 km/jam.

Kemudian, mobil berperforma buas lainnya seperti Tesla Model S Plaid miliki motor listrik berkekuatan 1020 dk dan torsi 1.420 Nm sehingga dapat berakselerasi dari 0 ke 97 km/jam dalam 2 detik saja. Pabrikan dari AS ini mengklaim bahwa fastback sedan ini mampu menembus kecepatan hingga 320 km/jam.

Sementara itu, Rimac Nevera miliki tenaga yang jauh lebih besar dibandingkan para rivalnya. Dibekali dengan empat motor listrik, EV bergaya supercar ini miliki daya hingga 1.888 dk dan torsi 2.360 Nm.

Dengan demikian, mobil ini dapat melaju dari 0 ke 100 km/jam dalam 1,82 detik dan diklaim dapat mengebut hingga 412 km/jam. Karena kemampuannya yang luar biasa dengan desain eksotis, mobil ini hanya tersedia sebanyak 150 unit di dunia.