Hyundai Resmi Hadirkan Ioniq 5 N, Lengkapi Jajaran Mobil EV Performa Tinggi
Hyundai Ioniq 5 N beraksi di Goodwood Festival of Speed. (Dok. Goodwood)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah berbagai rumor dan serangkaian uji coba, Hyundai akhirnya meluncurkan varian berperforma tinggi terbaru mereka, yaitu Hyundai Ioniq 5 N dalam ajang Goodwood Festival of Speed, 13 Juli 2023.

SUV listrik ini dikembangkan secara khusus oleh divisi performa tinggi Hyundai, N. Hyundai juga mengungkapkan bahwa Ioniq 5 N adalah langkah awal mereka dalam merencanakan elektrifikasi dan mereka berharap akan menghadirkan lebih banyak mobil EV yang dikembangkan oleh N.

Jaehoon Chang, Presiden dan CEO Hyundai Motor Company, menyatakan bahwa Hyundai Ioniq 5 N dikembangkan berdasarkan pengalaman yang telah dimiliki oleh divisi N, sehingga mereka berhasil mengoptimalkan SUV listrik ini secara lebih baik dari versi standarnya.

"Perkembangan utama seputar kendaraan ini akan semakin memperkuat daya saing semua model Hyundai di masa mendatang. Inilah mengapa merek N ada," ujar Chang dalam keterangan resmi pada Kamis, 13 Juli.

Seperti beberapa model lain yang dikembangkan oleh N, Hyundai Ioniq 5 N memiliki tiga pilar utama dalam pengembangannya, yaitu Corner Rascal, Racetrack Capability, dan Everyday Sportscar.

Dari segi penampilan, Ioniq 5 N memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan versi standarnya. Divisi N menambahkan beberapa elemen untuk meningkatkan kesan sporty pada model ini, seperti trim hitam dan sayap belakang yang dirancang untuk meningkatkan aerodinamika kendaraan.

Divisi N juga melakukan revisi pada beberapa bagian untuk memastikan mobil ini dapat melaju dengan performa maksimal, termasuk pengaturan suspensi, komponen aerodinamis, dan peningkatan pada sistem regeneratif pengereman untuk mengurangi bobotnya.

Hyundai Ioniq 5 N juga dilengkapi dengan pelek aluminium berukuran 21 inci yang dilengkapi dengan ban teratas, yaitu Pirelli P Zero 275/35R2 dengan daya cengkram yang impresif.

4

Peningkatan lainnya juga dilakukan pada bagian mesin. Ioniq 5 N dilengkapi dengan motor listrik ganda yang menghasilkan tenaga sebesar 600 dk dan torsi sebesar 748 Nm. Bahkan, dengan fitur N Grin Boost, angka tersebut dapat meningkat menjadi 641 dk dan torsi 770 Nm.

Dengan daya tersebut, Ioniq 5 N dapat mencapai kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu sekitar 3,5 detik, dengan kecepatan maksimal mencapai 260 km/jam.

Hyundai juga menyematkan paket baterai terbaru dengan kapasitas 84 kWh, yang merupakan yang tertinggi di antara semua mobil listrik Hyundai. Dengan fitur pengisian daya ultra-fast charging, Ioniq 5 N dapat mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam waktu 18 menit.

Fitur istimewa juga ditambahkan pada Ioniq 5 N, termasuk N e-shift dan N Active Sound+. Dua fitur ini memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna SUV ini.

N e-shift berguna bagi pengguna yang ingin merasakan sensasi mengemudi mobil Ioniq 5 N seperti mobil bermesin pembakaran. Fitur ini dapat mensimulasikan sistem transmisi delapan percepatan DCT sehingga pengemudi dapat merasakan sensasi mengemudi yang serupa.

Sementara itu, N Active Sound+ menciptakan suara yang menyerupai mobil bermesin pembakaran dalam Ioniq 5 N. Terdapat 10 speaker, delapan di dalam kendaraan dan dua di luar, yang menawarkan beberapa tema suara.

Tema pertama adalah "Ignition" yang menirukan suara mesin 2.0T N, dan tema kedua adalah "Evolution" yang menawarkan suara khas mobil bertenaga tinggi yang sudah ada pada model RN22e.

Dengan peluncuran Hyundai Ioniq 5 N ini, model ini akan bergabung dengan jajaran mobil EV berperforma tinggi lainnya, seperti versi tercepat dari Ioniq 6, yaitu RN22e, dan mobil konsep berkekuatan listrik-hydrogen, N Vision 74.