Bagikan:

JAKARTA – Sukses memperkenalkan Ioniq 5 dengan performa tinggi yaitu Ioniq 5 N pada tahun lalu, tidak membuat Hyundai berhenti berinovasi. Baru ini, pabrikan Korea Selatan ini meluncurkan versi balap dari crossover berperforma tinggi tersebut.

Mobil bernama Ioniq 5 N eN1 Cup akan mengikuti ajang motorsport resmi ‘Hyundai N Festival’ tak lama lagi sekaligus tanda dimulainya era baru dalam balap berkelanjutan.

“Mobil balap listrik unik ini menunjukkan teknologi mutakhir dan semangat kami untuk mendorong batas-batas pencapaian kendaraan listrik di arena balap,” kata Vice President and Head of N Brand & Motorsport Till Wartenberg dalam laman perusahaan, Senin, 1 April.

Dirancang untuk mengikuti ajang balap, Ioniq 5 N eN1 Cup merupakan mobil balap kelas atas bagi pembalap profesional yang berkompetisi di kelas N1. Kategori tersebut baru diperkenalkan tahun ini dan akan beroperasi di bawah peraturan terbuka, sehingga tim dapat bersaing dengan berbagai produk ban tanpa dibatasi oleh manufaktur tunggal saja.

Ioniq 5 N eN1 Cup dilengkapi body kit yang didesain ulang, over-fender rendah, pelek yang lebih lebar, serta sayap yang dapat berkontribusi dalam mengoptimalkan aerodinamika.

Divisi N merancang mobil ini dengan bobot lebih ringan karena sejumlah komponen yang tidak perlu, dihilangkan demi mengurangi berat dari kendaraan balap ini. Perusahaan juga hadirkan pelek tempa, kap FRP, dan jendela polikarbonat.

Nah, menariknya meski mobil tersebut merupakan kendaraan listrik, penonton dapat menikmati raungan mesin dengan kehadiran suara khas balap dari Ioniq 5 N eN1 Cup yang dihasilkan oleh overboost NGB, N e-Shift, dan N Active Sound.

Untuk keselamatan pembalap, pabrikan menghadirkan roll cage, kursi bucket balap, dan sabuk pengaman canggih. Selain itu, Hyundai N juga hadirkan perangkat lainnya seperti alat pemadam kebakaran khusus untuk EV serta lokasi port pengisian daya yang telah dimodifikasi.

Berbasis dari versi produksi Ioniq 5 N, mobil tersebut dibekali motor listrik ganda dengan total daya mencapai 650 ps dilengkapi dengan baterai 84 kWh.

Ajang Hyundai N Festival akan dimulai pada putaran pembuka di Inje Speedium tanggal 27 April mendatang. Format kompetisi bervariasi, termasuk balapan sistem gugur satu lawan satu dan balapan sprint tradisional, memungkinkan pemahaman yang komprehensif, dan pengujian berbagai metode balap EV.