Gelar GIIAS ke-30, Gaikindo Berharap Presiden dan Menteri Dapat Hadir Membuka Acara
Sesi foto bersama setelah konferensi pers menjelang GIIAS 2023. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 menjadi salah satu acara otomotif terbesar di Asia Tenggara. Tahun ini, GIIAS merayakan pergelaran ke-30 sejak pertama kali diadakan pada tahun 1986.

Dalam momentum bersejarah ini, Gaikindo mengundang semua pihak untuk mengunjungi GIIAS 2023 dan melihat kendaraan-kendaraan dengan fitur terbaru. Tidak hanya masyarakat umum, Gaikindo juga mengajak pemerintah dan kabinet untuk hadir di acara tersebut, yang akan berlangsung di ICE BSD, Tangerang.

Yohannes Nangoi, ketua umum Gaikindo, mengungkapkan bahwa mereka telah mengajak para menteri untuk mendukung dan membantu mengundang Presiden RI, Joko Widodo, untuk hadir dalam pembukaan GIIAS 2023 pada tanggal 10 Agustus 2023.

"Kami juga mendapatkan dukungan dari para menteri untuk membantu mengundang Presiden RI hadir dalam pembukaan. Beberapa menteri juga telah mengonfirmasi kehadiran mereka," ujar Nangoi saat konferensi pers di JW Marriott, Kuningan, Jakarta, pada Kamis, 13 Juli.

Gaikindo ingin melibatkan jajaran menteri dan Presiden RI untuk menunjukkan betapa pentingnya industri otomotif ini bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Upaya Gaikindo sejalan dengan visi pemerintah.

"Seperti yang kita ketahui, Gaikindo dan pemerintah ingin mengembangkan beberapa hal utama, yang pertama adalah memajukan produk dalam negeri," kata Nangoi.

Nangoi juga menyoroti pencapaian Indonesia dalam industri otomotif, di mana negara ini berada di peringkat ke-11 dalam produksi kendaraan bermotor di dunia. China menempati peringkat pertama.

"Pak Menko (Airlangga Hartanto) berharap Indonesia dapat masuk ke dalam 10 besar negara produsen kendaraan bermotor," tambah Nangoi.

Dengan pencapaian yang mengesankan tersebut, Indonesia memiliki potensi untuk meningkatkan ekspor dengan memanfaatkan letak geografisnya. Peningkatan ekspor menjadi suatu hal yang sangat mungkin.