Bagikan:

JAKARTA - Perhelatan perdana GIIAS 2023 di Bandung resmi dibuka pada Rabu ini, 22 November yang berlangsung hingga tanggal 26 November dengan menampilkan ragam kendaraan dengan teknologi terkini.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, menyampaikan apresiasi tertinggi kepada Kementerian Perindustrian atas arahan, dukungan, dan kebijakan untuk industri otomotif Indonesia, terutama pertumbuhan industri otomotif di Jawa Barat.

“Tahun ini Gaikindo mewujudkan target untuk terus memperluas cakupan penyelenggaraan GIIAS The Series, dan menambahkan Jawa Barat sebagai tempat pelaksanaan pameran GIIAS di tahun ini,” ujar Nangoi, seperti yang dikutip dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Rabu, 22 November.

Nangoi menambahkan bahwa Gaikindo ingin terus menjadi bagian dari pertumbuhan industri kendaraan bermotor di Jawa Barat. “Dengan penyelenggaraan GIIAS Bandung, industri otomotif Indonesia berkesempatan untuk memperkenalkan model dan teknologi baru, khusus untuk masyarakat Jawa Barat, sehingga potensi Jawa Barat terus dapat didorong dan dimaksimalkan,” lanjut Nangoi.

Perhelatan perdana GIIAS Bandung 2023 juga didukung penuh oleh merek-merek anggota Gaikindo yang membawa produk unggulan dan teknologi terbaru, termasuk kendaraan berbasis listrik.

Mewakili Menteri Perindustrian RI, Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal ILMATE menyampaikan bahwa GIIAS The Series merupakan rangkaian pameran otomotif dari GAIKINDO yang hadir di kota-kota strategis di Indonesia. “GIIAS Bandung 2023 merupakan kota ke-4 sekaligus kota penutup pada rangkaian GIIAS The Series 2023 yang telah sukses diselenggarakan pada bulan Agustus di Tangerang, bulan September di Surabaya dan bulan Oktober di Semarang,” ujar Taufiek.

Sebanyak 18 merek kendaraan bermotor dari berbagai lini industri berpartisipasi pada GIIAS Bandung 2023, termasuk 15 merek kendaraan penumpang dan 3 merek sepeda motor. Acara ini juga melibatkan berbagai lini industri pendukung otomotif lainnya untuk meramaikan dan mendorong perkembangan industri otomotif terbaru bagi masyarakat Jawa Barat.

Pembukaan GIIAS kali ini dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier, yang didampingi oleh Kepala Bapenda Jawa Barat, Dedi Taufik, Ketua Komisi III DPRD Jawa Barat, Phinera Wijaya, Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, serta Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO, Rizwan Alamsjah, yang secara resmi membuka GIIAS Bandung 2023 yang akan berlangsung hingga 26 November 2023 di Sudirman Grand Ballroom.