Akhirnya, Mobil Pertama BMW Berbasis Neue Klasse Diuji Coba akan Produksi pada 2025
BMW Vision Neue Klasse. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - BMW mengawali lembaran baru dalam ranah elektrifikasi setelah menghadirkan Vision Neue Klasse, sebuah arsitektur terbaru yang dikembangkan oleh pabrikan untuk beberapa model EV di masa depan. Sepertinya, basis model tersebut tidak akan lama lagi muncul di pasaran.

Dilansir dari Motor1, Selasa, 21 November, Neue Klasse tertangkap kamera mata-mata sedang diuji coba dalam bentuk prototipe di Jerman. Mobil EV tersebut diyakini memiliki ukuran yang sama seperti X3 saat ini atau akan menjadi pengganti dari model iX3.

Mobil yang disebut sebagai ‘NA5 Project’ tersebut memiliki overhang yang lebih memanjang, sehingga menghasilkan ruang penyimpanan yang lebih besar pada kursi belakang dengan luas kabin lebih lapang.

8

Meski ditutupi oleh corak kamuflase, wajah dari kendaraan ini tetap tampak terlihat dengan cukup jelas. SUV tersebut menampilkan fasia depan yang kurang lebih sama seperti yang dipamerkan sebelumnya, namun lebih kompak. Mobil ini menampilkan desain yang unik dengan gagang pintu rata dengan panel kaca belakang yang radikal.

Sayangnya, bagian powertrain masih belum diungkapkan. Meskipun demikian, diperkirakan versi produksinya akan memakai penggerak roda belakang dan all-wheel drive dengan beberapa pilihan paket baterai yang bervariasi hingga mencapai lebih dari 500 km dalam sekali pengisian daya.

Pabrikan berencana untuk memulai produksi Vision Neue Klasse pada tahun 2025 di pabrik milik BMW di Debrecen, Hungaria, dan merilisnya ke pasar pada tahun 2026 mendatang.

BMW memiliki rencana ambisius untuk meluncurkan setidaknya enam model dalam waktu 24 bulan setelah Neue Klasse hadir, termasuk berbagai model mulai dari Sport Activity Vehicle (SAV) hingga sedan.