Bagikan:

JAKARTA - BMW telah mengungkap konsep Vision Neue Klasse pada akhir tahun 2023. Mobil ini akan menjadi cikal bakal sejumlah model EV terbaru merek Jerman.

Usai peluncurannya, beberapa model tertangkap kamera sedang diuji coba dengan mengadopsi konsep ini, seperti iX3 yang merupakan versi listrik dari X3. Namun, baru baru ini pabrikan juga rupanya mengetes X5 dan iX5 terbaru dengan desain hampir serupa.

Dilansir dari Carscoops, Selasa, 2 Juli, mobil bergaya SUV ini terlihat berjalan dengan ditutupi stiker kamuflase. Meskipun demikian, desain X5 generasi terbaru ini terlihat dengan jelas seperti iX3 namun dengan dimensi lebih besar.

Selain itu, wujud asli mobil tersebut terlihat cukup jelas dengan bagian depan dihiasi grill ginjal lebih kecil dengan lampu tajam seperti konsep Neue Klasse X. Fitur menarik lainnya termasuk gagang pintu rata dan sayap belakang yang mengingatkan pada XM.

Dikabarkan bahwa X5 maupun iX5 akan hadir dalam beberapa varian. Pertama, mobil tersebut tertangkap kamera dengan sistem rem lebih besar dengan kaliper merah mencolok sekaligus menunjukkan bahwa ini merupakan versi performa tinggi.

5

Kemudian, mobil kedua tertangkap kamera menggunakan pelek 22 inci yang dikabarkan mengutamakan kemewahan atau usung keunggulan off-road.

Diperkirakan BMW akan menawarkan model X5 dalam versi ICE murni dan hybrid yang berdampingan dengan iX5 merupakan lini kendaraan listrik (EV). Kemungkinan lainnya adalah BMW akan menghadirkan versi sel bahan bakar (FCEV), iX5 Hydrogen terbaru dengan menggunakan teknologi dari Toyota.

Belum ada kabar resmi mengenai peluncuran BMW X5 atau iX5 generasi kelima, tetapi rumor menyebutkan debut musim panas 2026 sebagai model 2027. Hal ini sejalan dengan rencana produsen mobil Bavaria untuk menyegarkan sebagian besar jajaran produknya di tahun-tahun mendatang, menyatukan desain dan teknologi di seluruh jajarannya.

Sementara itu, pabrikan berencana untuk memulai produksi Vision Neue Klasse pada tahun 2025 di pabrik milik BMW di Debrecen, Hungaria, dan merilisnya ke pasar pada tahun 2026 mendatang.

BMW memiliki rencana ambisius untuk meluncurkan setidaknya enam model dalam waktu 24 bulan setelah Neue Klasse hadir, termasuk berbagai model mulai dari Sport Activity Vehicle (SAV) hingga sedan.