Bagikan:

JAKARTA - BMW berencana untuk merancang model-model khusus China berdasarkan platform Neue Klasse demi menyesuaikan dengan selera di China yang tengah ramai permintaan akan akan kendaraan listrik.

Kabar ini beredar pertama kali pada awal bulan ini di IAA Mobility Mobility Munich Motor Show 2023 dan dibahas oleh Automotive News Europe.

CEO Oliver Zipse mengumumkan rencana ini saat acara World New Energy Vehicle Congress.

"Sayangnya, saya tidak bisa memberikan banyak informasi soal ini namun BMW Design Shanghai sudah bekerja pada desain khusus dan fitur-fitur untuk model-model Neue Klasse yang akan ditujukan khusus untuk China,” ungkapnya, dilansir dari Carscoops, 19 September.

Diketahui, konsep mobil Vision Neue Klasse adalah gambaran tentang bagaimana mobil-mobil masa depan BMW akan terlihat. Dengan desain yang jelas futuristik dengan ciri khas desain BMW yang khas, berkemungkinan BMW Seri 3 akan menjadi yang pertama muncul dari konsep tersebut.

3

BMW mengambil pendekatan khusus untuk pasar China bukanlah hal yang baru karena pabrikan lain juga menerapkan hal serupa mengingat mobil listrik yang cenderung menjadi barang mewah di seluruh dunia, di China, situasinya sebaliknya.

Jadi, untuk memastikan bahwa mereka tidak menjauhkan basis pelanggan berkecukupan di negara tersebut, merek ini fokus pada penawaran produk yang memiliki tampilan dan nuansa yang sama tetapi dengan pilihan mesin yang berbeda.

Kepala Desain BMW, Domagoj Dukec, dengan tegas menyampaikannya awal tahun ini ketika ditanya tentang topik ini.

"Mobil listrik mewah tidak berhasil di China, karena mereka tidak menghubungkan listrik dengan kemewahan. Mobil bensin lebih baik untuk mengekspresikan kemewahan. Jadi mobil listrik dianggap murah, dan semua yang berhubungan dengan mesin pembakaran dianggap mahal," ungkap Dukec.

Namun BMW belum merinci konsep Neue Klasse yang dibuat untuk pasar China ini bisa saja BMW mengembangkan sensasi berkendara yang lebih mirip dengan mobil berbahan bakar seperti menghadirkan suara.

Dalam IAA Mobility Mobility Munich Motor Show 2023 terungkap jika BMW berencana untuk meluncurkan model Neue Klasse pertama pada tahun 2025, tetapi yang diproduksi di China ini tidak akan tersedia hingga tahun 2026. Setelah itu, perusahaan berencana untuk meluncurkan enam model Neue Klasse baru pada tahun 2027.