Mini Memboyong Countryman Terbaru ke Climate Week NYC
Mini Countryman EV. (Dok. Carscoops)

Bagikan:

JAKARTA - Baru diperkenalkan secara global pada awal September, Mini membawa Countryman EV dalam acara Climate Week NYC, di Amerika Serikat (AS).

Melansir Carscoops, Senin, 18 September, Mini hanya membawa Countryman terbaru sebagai pajangan dalam acara tersebut. Model ini dijadwalkan akan tiba di pasar AS pada musim gugur 2024 mendatang.

Countryman EV melanjutkan kiprah utilitas yang telah dibangun oleh Mini sejak lama. Pabrikan asal Inggris tersebut juga membawa model ini dengan semangat "Fun to Drive" yang sudah menjadi ciri khas merek sejak lama.

SUV tersebut sebelumnya telah dipamerkan dalam ajang IAA Munich pada 5 September lalu. Countryman generasi terbaru memiliki dimensi lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya. Dengan panjang 4.433 mm, lebar 1.843 mm, dan tinggi 1.656 mm.

5

Countryman generasi ketiga ini menghadirkan desain eksterior minimalis yang ekspresif dengan karakter yang khas. Kendaraan ini tetap mempertahankan proporsi Mini yang ikonik, termasuk overhang pendek, kap mesin pendek, dan jarak sumbu roda panjang yang kontras. Pelek juga lebih besar 20 inci, lengkungan roda yang lebih lebar, dan pengurangan detail krom memberikan tampilan yang lebih modern.

Interior Countryman 2024 dilengkapi dengan dashboard melengkung yang dilapisi permukaan tekstil pada beberapa level dan layar OLED tengah berukuran 9,44 inci. Sistem operasinya adalah Operating System 9 dan dapat menerima perintah suara melalui sapaan "Hey Mini" atau dengan menggunakan tombol push-to-talk di kemudi yang mengaktifkan Mini Intelligent Personal Assistant.

3

Countryman 2024 dapat mengakomodasi lima penumpang dan memiliki atap kaca panorama terpisah. Baris belakangnya dapat disesuaikan dalam hal panjang hingga 130 milimeter, yang dapat meningkatkan ruang kaki penumpang belakang atau ruang bagasi. Volume bagasi dalam posisi normal adalah 460 liter, yang dapat ditingkatkan menjadi 1.450 liter dengan kursi belakang ketika dilipat.

Terdapat dua varian daya yang ditawarkan: Countryman E dan Countryman SE ALL4. Countryman E memiliki jangkauan WLTP sejauh 462 kilometer dengan motor listrik berdaya 204 dk dan torsi 250 Nm. Countryman E bisa melesat dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 8.6 detik dengan kecepatan tertinggi 169 km/jam.

Berdampingan dengan varian E, Countryman SE ALL4 lebih bertenaga dengan jangkauan WLTP sejauh 433 km dan dilengkapi dengan konfigurasi penggerak empat roda dan motor listrik ganda yang menghasilkan daya gabungan 313 dk dan torsi 494 Nm. Dan SE ALL4 mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5,6 detik dengan kecepatan tertinggi 178 km/jam.

Baik Countryman E dan SE ALL4 dibekali paket baterai 64.7 kWh yang sama. Kedua varian dapat menerima hingga 22 kW daya AC dan hingga 130 kW pada pengisi daya cepat DC.