Inilah Countryman SE ALL4, Cocok Digunakan di Segala Medan
Countryman SE ALL4. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Baru awal September lalu, Mini memperkenalkan generasi terbaru dari Countryman. Model tersebut merupakan salah satu mobil yang mengalami perombakan cukup signifikan, selain Cooper.

Countryman generasi terbaru memiliki dimensi lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya. Dengan panjang 4.433 milimeter, lebar 1.843 milimeter, dan tinggi 1.656 milimeter, mobil ini memulai debutnya di depan publik dalam gelaran IAA Munich 2023 dan menjadi model Mini pertama yang diproduksi di Jerman.

6

“MINI Countryman all-electric dan all-wheel-drive baru adalah lambang keserbagunaan dan kenikmatan berkendara. Ini adalah MINI pertama ‘Buatan Jerman’ dan menyatakan mobilitas ramah lingkungan,” kata Stefanie Wurst, selaku Head of Mini, dalam laman perusahaan, Senin, 23 Oktober.

Tidak hanya menawarkan mobilitas ramah lingkungan, model terbaru ini ternyata juga memiliki kemampuan melaju berbagai medan, dengan kehadiran varian Countryman SE ALL4.

Didukung oleh sistem penggerak semua roda (AWD) ALL4, mobil ini memiliki kemampuan dalam menjelajahi jalur baru, sehingga memudahkan pengguna melakukan petualang serbaguna tanpa mengeluarkan emisi kendaraan.

Sistem ALL4 tersebut terintegrasi dengan motor listrik ganda yang menghasilkan daya gabungan 313 dk dan torsi 494 Nm. Dan SE ALL4 mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5,6 detik dengan kecepatan tertinggi 178 km/jam.

6

Sama seperti tipe terbawahnya, Countryman SE ALL4 menggunakan paket baterai 64,7 kWh yang dapat melaju dengan daya jangkauan hingga 433 km berdasarkan siklus WLTP. Tipe ini dapat menerima sistem pengisi daya 22 kW AC serta DC berkekuatan 130 kW.

Kemampuannya di berbagai medan didukung oleh jarak sumbu roda yang panjang. Selain itu, kendaraan ini tetap mempertahankan proporsi MINI yang ikonik, termasuk overhang pendek, kap mesin pendek, pelek lebih besar 20 inci, lengkungan roda yang lebih lebar, dan pengurangan detail krom memberikan tampilan yang lebih modern.

Hasilnya, model ini mencapai koefisien drag sebesar 0,26, lebih irit konsumsinya, dan memiliki jangkauan yang lebih luas. Desain pilar C yang stylish dengan logo ALL4 khusus model mendukung garis atap yang diperpanjang di bagian belakang kendaraan sekaligus membuatnya tampak lebih pendek.

Crossover andalan Mini tersebut dapat mengakomodasi lima penumpang dan memiliki atap kaca panorama terpisah. Baris belakangnya dapat disesuaikan hingga panjang 130 milimeter, yang dapat meningkatkan ruang kaki penumpang belakang atau ruang bagasi. Volume bagasi dalam posisi normal adalah 460 liter, yang dapat ditingkatkan menjadi 1.450 liter dengan kursi belakang ketika dilipat.

Mini Countryman terbaru dibanderol mulai 28.500 poundsterling atau sekitar Rp550 juta dengan pengiriman pertama dilakukan pada Februari 2024.