Countryman Jadi Model Mini Pertama yang Diproduksi di Pabrik BMW Group di Leipzig
Countryman terbaru. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Mini Countryman terbaru mencatat sejarah bagi perusahaan asal Inggris ini. Selain menjadi seri pertama Mini yang hadir dalam bentuk kendaraan listrik (EV), model ini juga menjadi Mini pertama yang dirakit di pabrik BMW Group, yang terletak di Leipzig, Jerman. Dengan demikian, Countryman akan berbagi perakitan dengan model-model BMW lainnya, termasuk Seri-1 dan Seri-2.

Pada acara peluncuran produksi Mini Countryman di aula perakitan baru-baru ini, hadir para petinggi BMW Group dan Mini, bersama dengan eksekutif wilayah dan para karyawan pabrik.

"Mini pertama yang diproduksi di Jerman mewakili keunggulan lingkungan, tidak hanya sebagai produk, tetapi juga dalam hal produksinya," ujar Stefanie Wurst, Kepala Brand Mini, dilansir dalam laman resmi BMW Group, Sabtu, 11 November.

Sejak tahun 2018, BMW Group telah menginvestasikan sekitar 700 juta euro untuk meningkatkan kapasitas produksi pabrik di Sachsen. Pabrik ini telah berperan dalam peluncuran berbagai model listrik, dimulai dari BMW i3 sepuluh tahun yang lalu.

Mini Countryman generasi terbaru dianggap sangat penting bagi masa depan pabrik Leipzig. Dengan produksi mobil ini di fasilitas tersebut, jumlah karyawan di tempat perakitan ini diharapkan bertambah lebih dari 1.000 orang pada akhir tahun 2024.

Countryman generasi terbaru memiliki dimensi yang lebih besar daripada pendahulunya, dengan panjang 4.433 milimeter, lebar 1.843 milimeter, dan tinggi 1.656 milimeter. Mobil ini telah dipamerkan di IAA Munich pada 5 September lalu.

Desain eksterior Countryman generasi ketiga ini menampilkan minimalisme yang ekspresif dengan karakter khas. Mobil ini mempertahankan proporsi ikonik MINI, termasuk overhang pendek, kap mesin pendek, dan jarak sumbu roda panjang yang kontras. Pelek 20 inci, lengkungan roda yang lebih lebar, dan pengurangan detail krom memberikan tampilan modern.

6

Interior Countryman 2024 dilengkapi dashboard melengkung yang dilapisi permukaan tekstil pada beberapa level dan layar OLED tengah berukuran 9,44 inci. Sistem operasinya adalah Operating System 9 yang dapat menerima perintah suara melalui sapaan "Hey Mini" atau tombol push-to-talk di kemudi yang mengaktifkan Mini Intelligent Personal Assistant.

Ada dua varian daya yang ditawarkan: Countryman E dan Countryman SE ALL4. Countryman E memiliki jangkauan WLTP sejauh 462 kilometer dengan motor listrik berdaya 204 dk dan torsi 250 Nm. Countryman E bisa mencapai 0-100 km/jam dalam 8,6 detik dengan kecepatan tertinggi 169 km/jam.

Sementara itu, Countryman SE ALL4 lebih bertenaga dengan jangkauan WLTP sejauh 433 km dan dilengkapi konfigurasi penggerak empat roda serta motor listrik ganda yang menghasilkan daya gabungan 313 dk dan torsi 494 Nm. SE ALL4 dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 5,6 detik dengan kecepatan tertinggi 178 km/jam.

Selain varian listrik, Mini Countryman baru juga tersedia dengan mesin bensin, seperti Countryman C dengan penggerak roda depan, Countryman S ALL4, dan varian JCW yang ditingkatkan dengan penggerak semua roda.