Bagikan:

JAKARTA – Berbeda dari produsen mobil lain yang alami penurunan permintaan kendaraan ramah lingkungan sejak awal tahun, BMW Group menunjukkan awal yang positif di tahun 2024. 

Model-model yang laris di awal tahun ini mulai model BMW seri 7, BMW X7, Rolls-Royce termasuk Rolls-Royce Spectre listrik. Pencapaian ini mencerminkan kepercayaan atas nama merek ini yang masih begitu kuat di pasar global.

Dilansir dari rilis di laman BMW Group, 21 Maret, perusahaan mencatat peningkatan penjualan kendaraan listrik sepenuhnya (BEV) yang signifikan. Dalam dua bulan pertama tahun ini, penjualan BEV BMW Group melonjak dua digit dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Amerika Serikat menjadi pasar utama untuk BEV BMW Group, dengan penjualan hampir dua kali lipat pada akhir Februari. Pertumbuhan dua digit juga tercatat di Eropa dan China.

Permintaan kuat untuk model BMW Group, baik BEV maupun kendaraan dengan mesin pembakaran internal yang efisien, menjadi kunci kesuksesan perusahaan. Fleksibilitas dan responsibilitas tinggi dalam rantai nilai juga memungkinkan BMW Group untuk beradaptasi dengan situasi pasar yang dinamis.

Sementara, produsen mobil asal Jerman ini juga menyebut kendaraan plug-in hybrid (PHEV) tetap menjadi bagian penting dari strategi elektrifikasi BMW. Lebih dari 560.000 unit BEV dan PHEV telah terjual pada tahun 2023, setara dengan 22 persen dari total penjualan BMW Group.

Secara total sampai saat ini, BMW Group berhasil menjual 2 juta unit kendaraan terelektrifikasi (BEV + PHEV) dengan 55 persen merupakan PHEV dan 45 persen BEV. Penjualan BEV menunjukkan pertumbuhan yang lebih pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Soal Merek MINI dan Rolls-Royce 

BMW Group kembali menegaskan jika MINI dan Rolls-Royce akan beralih ke kendaraan listrik sepenuhnya mulai awal 2030-an. New MINI Family dan Rolls-Royce Spectre merupakan model awal dari transisi ini.

Produksi New MINI Countryman telah dimulai di Pabrik BMW Group Leipzig, di mana model ini akan diproduksi sebagai kendaraan listrik sepenuhnya dan dengan mesin pembakaran internal yang efisien.

BMW Group optimis untuk mempertahankan pertumbuhan di tahun-tahun mendatang. NEUE KLASSE, yang akan diluncurkan di paruh kedua dekade ini, diharapkan dapat mempercepat penetrasi pasar mobilitas listrik.

Lebih dari 50 persn dari semua kendaraan BMW Group yang terjual diprediksi memiliki penggerak listrik sepenuhnya sebelum tahun 2030, dengan kemungkinan persentase yang lebih tinggi jika PHEV dihitung.