Berbagi Pabrik dengan BMW, Awal 2024 Target Jualan Mini Countryman EV
Mini Countryman 2024. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu produsen mobil asal Inggris, Mini tengah mempersiapkan generasi terbaru dari model Countryman yang diperkirakan mulai diproduksi tahun ini.

Memasuki generasi ketiga, Mini Countryman merupakan mobil Mini dengan dimensi terbesar dengan panjang 4.429 mm, tinggi 1.613 mm, serta wheelbase 2.670 mm. Dengan ukuran tersebut, membuat Countryman generasi terbaru akan memiliki ruang yang lega.

Selain dimensi, ada perubahan lain pada Mini Countryman terbaru yaitu berbagi platform dengan BMW X1. Terlebih lagi, Countryman terbaru akan mengusung tenaga listrik seperti dilansir dari ArenaEV, Rabu, 5 April.

Mini Countryman listrik diperkirakan akan hadir dengan menawarkan dua powertrain, yakni motor listrik dengan penggerak dua roda (2WD) dan motor listrik penggerak empat roda (4WD).

Countryman E yang akan disematkan motor listrik penggerak dua roda akan mengeluarkan daya 191 dk. Sedangkan, varian penggerak empat roda, Countryman SE akan mengusung powertrain yang sama dengan BMW iX1 xDrive30 dengan menghamburkan daya 313 dk.

Selain platform dan powertrain, Mini juga akan berbagi baterai dengan BMW iX1 yang berkapasitas 64,7 kWh yang dapat mendukung pengisian daya langsung yang memiliki kecepatan hingga 130 kW dan diklaim akan memberikan jarak tempuh hingga 450 km dalam keadaa baterai penuh.

Selain dua varian tersebut, Mini juga sedang menggarap versi lain dari Countryman, yaitu versi S dan John Cooper Works yang merupakan versi paling bertenaga.

Pabrikan merencanakan akan memulai produksi pada bulan November mendatang di Leipzig, Jerman, di mana BMW juga memproduksi SUV, iX1. 

Mini Countryman terbaru ditargetkan akan dijual mulai Februari 2024.