Mini Pastikan Clubman Tidak Miliki Generasi Terbaru
Mini Clubman S Final Edition. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak diperkenalkan pada 2007 lalu, Mini Clubman merupakan model yang dihadirkan dengan konfigurasi lima pintu. Model tersebut menjadi daya tarik pecinta brand ini berkat dimensinya yang luas.

Walaupun memiliki sejarah yang cukup panjang, Mini mengonfirmasi bahwa Clubman tidak akan mendapatkan generasi terbaru.

Stefanie Wurst, selaku Head of Mini, mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menghadirkan Clubman terbaru sebagai model masa depan. Ia juga mengatakan bahwa model kompak seperti Aceman akan mengisi posisi kendaraan lima pintu bersamaan dengan Countryman.

"Aceman adalah konsep yang lebih kecil, tapi menurut saya, ruang lima pintu diisi oleh Countryman dan Aceman. Jika melihat angka penjualan di seluruh dunia, Countryman dua kali lipat dari Clubman," ucap Wurst dikutip dari Top Gear, Jumat, 15 September.

Mini Aceman merupakan sebuah mobil konsep yang telah diungkapkan pada 2022 lalu dan akan segera diproduksi sebagai crossover bertenaga listrik. Alhasil, Clubman tidak akan mendapatkan generasi ketiga.

Wurst menambahkan dengan ditiadakannya Clubman, maka Countryman terbaru akan mewakili merek ini sebagai mobil crossover berdimensi besar dengan lima pintu.

"Saya suka Clubman. Tapi untuk mobil berukuran besar, kami memutuskan untuk meneruskan dengan Countryman terbaru," tambah Wurst.

Pabrikan asal Inggris tersebut sebelumnya juga telah meluncurkan Clubman S Final Edition di pasar AS sebagai salam perpisahan model tersebut yang tersedia hanya 100 unit. Ini merupakan varian terakhir dari Clubman yang akan berhenti menerima pesanan pada Februari 2024.

Kabar ini bisa jadi kabar kurang baik bagi pecinta Mini di seluruh dunia, setelah sebelumnya pabrikan juga mengatakan akan meniadakan transmisi manual untuk kendaraannya di masa mendatang.

Selanjutnya, Mini akan mulai mengalihkan fokusnya pada elektrifikasi dengan memperkenalkan Cooper EV dan Countryman EV. Cooper EV diperkenalkan pada awal bulan ini dengan menyediakan trim E dan SE.

Lalu ada Countryman EV generasi terbaru memiliki dimensi lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya. Dengan panjang 4.433 milimeter, lebar 1.843 milimeter, dan tinggi 1.656 milimeter, mobil ini dipamerkan di depan publik di IAA Munich beberapa waktu lalu. Terdapat dua varian yang ditawarkan, yaitu Countryman E dan Countryman SE ALL4.