Mini Perkenalkan Aceman, Mobil Listrik yang Awali Langkah Merek di Elektrifikasi Murni
Mini Aceman. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Dinantikan sejak lama, Mini akhirnya mengungkapkan wujud asli dari Aceman. Mobil ini juga mengawali langkah merek dalam mengarungi dimensi elektrifikasi namun tetap menawarkan kesenangan berkendara ala go-kart yang khas.

Head of Mini Stefanie Wurst, mengatakan bahwa Mini Aceman terbaru tidak hanya menawarkan mobilitas nol emisi, melainkan juga teknologi lebih canggih yang lebih mengasyikan dari sejumlah model lainnya.

“Saya yakin bahwa desain yang ramping, performa, dan keserbagunaan sebagai crossover lima tempat duduk, akan menjadikan Mini Aceman sukses besar,” kata Wurst dikutip dari laman perusahaan, Kamis, 25 April.

4

Dari luar, crossover tersebut mengusung bahasa desain yang sama seperti versi konsepnya yang diluncurkan beberapa tahun lalu dengan dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.500 mm, menawarkan bagasi yang serbaguna dengan muatan 300 liter, namun dapat diperluas hingga 1.005 liter.

Diposisikan di antara model Cooper dan Countryman, mobil ini menampilkan bagian depan yang ramping, overhang pendek, dan desain dua kotak yang fungsional. Pemanfaatan ruang yang kreatif memastikan Mini Aceman baru lincah dan gesit dalam lalu lintas perkotaan sekaligus memberikan ruang yang cukup bagi penumpangnya.

Kemudian, pengganti dari model Clubman ini menawarkan visual yang elegan dengan pelek berukuran 17 inci hingga 19 inci yang modern. Disamping itu, dihadirkan juga roof rail sebagai standar yang dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya dalam membawa barang.

Usung tema “Charismatic Simplicity”, interiornya menampilkan layar OLED, setir kemudi yang easy-to-handle, dan toggle bar yang telah disegarkan. Perangkat lunaknya didukung dengan Mini Operating System 9 yang dapat memiliki opsi pengaturan dengan sentuhan maupun suara.

4

Interior pintu yang luas serta dimensi yang nyaman di area bahu dan ruang kaki yang nyaman memberikan suasana terbuka dan proporsional pada kokpit, sedangkan atap kaca panoramik menyempurnakan efek ini dengan memberikan cahaya tambahan dari atas.

Mobil ini akan dipasarkan dalam dua varian, yakni Aceman E dan Aceman SE, memiliki kemampuan yang berbeda. Mini Aceman E tawarkan performa motor listrik berdaya 184 dk dan torsi 290 Nm sehingga dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 7,9 detik dan sentuh kecepatan tertinggi hingga 160 km/jam.

Sementara, Aceman SE tawarkan performa lebih bertenaga dari motor listrik 218 dk dan torsi 330 Nm yang miliki kemampuan berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 7,1 detik dengan kecepatan puncak 170 km/jam.

Untuk jarak tempuh, Aceman E miliki baterai berkapasitas 42,5 kWh yang dapat menempuh jangkauan 310 km dan Aceman SE dengan baterai 54,2 kWh dengan 406 km dalam sekali pengisian daya menurut WLTP.