Bagikan:

JAKARTA - BMW X5 generasi saat ini telah memasuki usia lima tahun dan mengalami beberapa perubahan. Mengetahui hal ini, pabrikan berencana untuk merancang generasi terbarunya yang berbasis dari konsep Neue Klasse.

Pada Juni lalu, prototipe generasi terbaru dari X5 tertangkap kamera dengan desain yang menyerupai versi konsepnya. Baru-baru ini, BMW dilaporkan tengah menguji coba salah satu versi tertinggi dari SUV tersebut yang dinamakan X5 M60e.

Dilansir dari BMW Blog, Jumat, 13 September, mobil tersebut terlihat sedang melintasi jalan raya yang disinari oleh matahari di wilayah Eropa dengan ditutupi stiker kamuflase. Namun, hal menarik pada varian ini ialah SUV tersebut dibekali sistem plug-in hybrid (PHEV).

5

Sistem tersebut disebut akan mengisi posisi di antara X5 versi standar dengan X5 M, menjanjikan kinerja tinggi namun tidak melupakan peningkatan dalam sisi efisiensi bahan bakar.

Model X5 M60e xDrive terbaru dilaporkan akan memiliki performa yang lebih baik dengan mesin bensin 6-silinder segaris dipadukan dengan teknologi PHEV yang memiliki tenaga lebih dari 550 dk sekaligus membuktikan bahwa elektrifikasi tidak mengorbankan performa.

Selain tawarkan PHEV, BMW juga sedang berupaya menyiapkan iX5 atau versi listrik dari X5 dengan basis yang sama. Tidak hanya itu, pabrikan tersebut juga akan menghadirkan versi M70 yang merupakan varian tertinggi dari SUV listrik tersebut.

Nantinya, iX5 M70 akan memiliki kemampuan jarak tempuh lebih jauh, pengisian daya lebih cepat, dan kepadatan energi lebih tinggi. SUV ini juga diberi motor listrik yang diperkirakan memiliki tenaga mencapai 600 dk.

Kembali ke X5, diperkirakan SUV ini akan menawarkan mesin V8 dalam varian M60 di pasar Amerika Serikat (AS). Tipe ini tidak dihadirkan di pasar Eropa karena peraturan emisi yang lebih ketat.

BMW X5 dan iX5 terbaru diperkirakan akan dimulai produksinya pada akhir 2026. Model tersebut tentunya sangat dinantikan oleh banyak pihak karena memiliki desain lebih radikal dan performa yang impresif.