Bagikan:

JAKARTA - Generasi terbaru M5 dikabarkan meluncur pada bulan ini yang sebelumnya dikabarkan akan debut pada bulan Juli.

Dikutip dari BMW Blog, Kamis, 6 Juni, salah satu perwakilan pabrikan menyebut bahwa sedan berperforma tinggi ini akan diluncurkan pada akhir Juni ini, namun tanggalnya masih belum bisa dipastikan.

Lebih lanjut, BMW akan ungkapkan M5 terbaru terlebih dahulu yang kemudian disusul peluncuran versi station wagon pada akhir tahun ini. Presentasi sedan tersebut diperkirakan akan berlangsung secara online, namun tampilan publik juga dijadwalkan pada Festival M di Polandia bulan depan.

Dalam beberapa waktu terakhir, sedan tersebut beberapa kali tertangkap kamera mata-mata sedang diuji coba. Sama seperti sebelumnya, M5 terbaru ini akan memiliki performa yang lebih bertenaga daripada versi standarnya.

Dirumorkan juga bahwa M5 tersebut akan mengusung sistem Plug-In Hybrid (PHEV). Sedan ini akan dibekali dengan mesin V8 yang gahar, menggabungkannya dengan sistem hybrid sekaligus memperkuat komitmen perusahaan dalam melengkapi lini elektrifikasinya.

Rumor menyebutkan, M5 terbaru akan menggunakan mesin dari XM Label Red yakni V8 4,4 liter yang dapat menghasilkan tenaga hingga 738 dk. Namun, pabrikan menyebut akan menguranginya menjadi 718 dk dengan torsi 1.030 Nm.

Jika rumor ini benar, maka mobil tersebut akan miliki tenaga hingga 101 dk atau lebih besar dari M5 CS terakhir. Dengan demikian, kendaraan tersebut miliki bobot sangat besar hingga 2.435 kg dari sebelumnya dan versi wagon.

Selain mesin, M5 terbaru juga akan memakai sistem PHEV yang sama seperti XM. Dengan demikian, diperkirakan mobil tersebut dapat miliki tenaga listrik murni yang mampu memberikan daya jangkauan hingga 80 km dalam sekali pengisian daya.