Bagikan:

JAKARTA – Peluncuran model M5 terbaru semakin dekat. Mobil bergaya sporty ini sedang berada dalam tahap finalisasi menjelang kehadirannya. Setelah versi sedan dirumorkan meluncur pada bulan ini, versi Touring direncanakan debut pada akhir tahun ini.

Meski demikian, BMW harus berpacu dengan waktu dalam pengembangannya. Kali ini, pabrikan dari Jerman tersebut tertangkap kamera sedang melakukan pengujian M5 Touring di sirkuit legendaris Nurburgring Nordschleife.

Menurut CarBuzz, Senin, 10 Juni, sebuah postingan akun youtube CarSpyMedia merekam aksi wagon tersebut berjalan di trek berjuluk “Green Hell” ini. Mobil tersebut terlihat mengebut dengan balutan stiker kamuflase.

Dalam rekaman tersebut, terdengar mobil ini meraung mengeluarkan suara mesin V8 yang gahar melewati setiap tikungan. Ini semakin menguatkan rumor bahwa M5 Touring akan mengusung mesin 8-silinder dari XM.

Artinya, M5 Touring akan dibekali dengan tenaga hingga 535 kW yang mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 4 detik. Mengusung teknologi plug-in hybrid (PHEV), mobil tersebut akan memiliki baterai 25,7 kWh yang mampu berjalan dengan tenaga listrik murni sejauh 100 km.

M5 Touring terbaru juga akan memiliki penggerak semua roda yang impresif namun kemungkinan akan didukung oleh transmisi dual-clutch. Ini berarti, potensi kembalinya transmisi manual pada sedan ini sangat kecil.

Sama seperti versi sedannya, varian station wagon akan memiliki sistem Plug-In Hybrid (PHEV) yang diadopsi dari XM. Dengan demikian, diperkirakan mobil tersebut dapat miliki tenaga listrik murni yang mampu memberikan daya jangkauan hingga 80 km dalam sekali pengisian daya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, mobil ini dihiasi tampilan agresif dengan bumper dan intake udara yang lebih sporty, lengkungan pelek lebih lebar, knalpot empat unit, dan bagian belakang lebih memanjang.