Bagikan:

JAKARTA - Tahun 2023 menjadi salah satu periode terbaik bagi BMW Group. Pasalnya, perusahaan tersebut berhasil menjual sebanyak 2.555.341 unit kendaraan atau mengalami peningkatan 6,5 persen dari tahun sebelumnya.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 202.530 unit di antaranya merupakan kendaraan yang berada di bawah divisi ‘M’ atau meningkat 14,3 persen. Meskipun catatan ini cukup mengesankan, perusahaan tidak mau berpuas diri.

Divisi performa tinggi BMW ini akan mempersiapkan penyegaran model maupun serba baru. BMW mengatakan bahwa tahun 2024 akan menjadi tahun yang sibuk karena akan mempersiapkan beberapa penyegaran modelnya, seperti M2, M3, dan M4. Diluar itu, edisi terbaru dari M5 tengah dipersiapkan.

Dilansir dari Carscoops, Jumat, 12 Januari, perusahaan asal Jerman ini belum mau berbicara banyak mengenai M5, namun diketahui model ini akan dibuatkan dalam bentuk sedan dan Touring. Bahkan, model i5 M60 xDrive Touring tengah dipersiapkan oleh mereka.

8
BMW M4 CS tertangkap kamera diuji coba di Nurburgring

Untuk M5 Touring, mobil ini akan mengusung mesin V8 4,4 liter twin-turbocharged terhubung dengan motor listrik yang sama seperti XM. Sehingga, sistem penggerak ini dapat memompa tenaga hingga 535 kW dan mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam kurang dari 4 detik.

Mengusung teknologi plug-in hybrid (PHEV), mobil tersebut akan memiliki baterai 25,7 kWh yang mampu berjalan dengan tenaga listrik murni sejauh 100 km.

Sementara itu, BMW juga akan menghadirkan versi facelift M4 CS yang menawarkan gairah balap dengan peningkatan tenaga yang dioptimalkan. Diharapkan model ini memiliki mesin 3,0 liter 6-silinder segaris twin-turbo yang ditingkatkan, menghasilkan daya 543 dk dan torsi 650 Nm.