Rayakan 100 Tahun Pabrikan, BMW Motorrad Luncurkan Prototipe Jajaran M Terbaru
M 1000 XR. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-100 tahun, BMW Motorrad meluncurkan prototipe model terbaru dalam jajaran M-nya: M 1000 XR.

M 1000 XR memiliki basis dari model seperti S 1000 XR, S 1000 XR, dan M 1000 RR dan diklaim memiliki kapabilitas dinamis yang baik untuk dikendarai di jalan raya maupun trek balap.

Dilansir laman BMW Group, Selasa, 6 Juni, M 1000 XR memiliki mesin yang bertenaga dengan 4-silinder segaris yang diambil dari S 1000 R dengan teknologi BMW ShiftCam.

Dengan mesin tersebut, M 1000 XR dapat menghasilkan daya sebesar lebih dari 200 dk. Performa moge ini juga dibantu oleh teknologi sasis, aerodinamika, serta elektronik kontrol yan tersedia untuk penggunaan motor berperforma tinggi.

M 1000 XR juga diberi winglet dengan tujuan untuk meningkatkan stabilitas berkendara dalam kecepatan tinggi. BMW juga membuat posisi duduk untuk pengendara berorientasi pada roda depan untuk memastikan kontrol motor yang lebih baik.

2

Dengan pengurangan bobot hanya 223 kg serta peningkatan beberapa aspek dinamika berkendara dan disematkannya paket khusus M Competition Package, M 1000 XR dapat melaju dengan kecepatan maksimal hingga 280 km/jam.

BMW juga menghadirkan sistem pengereman, M Brakes, untuk memaksimalkan performa motor dari kecepatan tertinggi menuju pengereman dengan presisi dan optimal pada trek balap maupun jalan raya.

Sistem pengereman tersebut dikembangkan berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari tim balap BMW Motorrad pada ajang World Superbike. Pada kaliper rem M, menampilkan lapisan anodisasi biru dengan logo M di dalamnya.

Informasi M 1000 XR saat ini masih terbatas, namun BMW Motorrad akan memberitahu lebih lanjut pada paruh kedua tahun 2023.