Bagikan:

JAKARTA - BMW Motorrad, produsen kendaraan roda dua dari Jerman, telah mengungkapkan motor konsep terbaru R20 dengan desain eksotis dan mesin boxer besar yang mencuri perhatian.

"Konsep R20 adalah mahakarya mekanis, dengan Big Boxer sebagai pusatnya menonjolkan ini adalah motor dari BMW Motorrad,” kata Head of BMW Motorrad Markus Flasch, dikutip dari laman resmi merek, Senin, 27 Mei.

Usung gaya khas tahun 1970an, konsep ini memiliki desain tangki aluminium revolusioner digabungkan dengan corak warna merah yang membara.

Bagian depan memiliki lampu LED berbentuk lingkaran ala retro aluminium dan telah terintegrasi dengan DRL. Sementara itu, di bagian belakang telah terhubung dengan jok tunggal yang dilapisi dengan alcantara hitam serta kulit halus.

“Desainnya menggabungkan elemen teknis modern dengan desain roadster klasik. Proporsinya yang besar dan estetika minimalis menjadikannya karakter yang tidak diragukan lagi,” kata Head of BMW Design Alexander Buckan.

3

Motor ini menggunakan pelek cakram hitam berukuran 17 inci dengan ban 200/55 di belakang dan ban 120/70 di depan. Untuk pengendalian, pabrikan menyematkan suspensi Ohlins Blackline yang dapat disetel sepenuhnya di depan dan belakang.

Pengeremannya dipasang secara radial dari ISR menangani deselerasi dengan enam piston di depan dan empat piston di belakangnya.

3

Sorotan utama pada motor lainnya ialah mesin boxer besar berpendingin oli yang miliki kapasitas hingga 2.000 cc. BMW mengklaim motor ini miliki suara mesin khas berkat pipa knalpot dengan desain megafon.

Sayangnya, pabrikan masih bungkam soal tenaga kudanya. Namun, diperkirakan motor ini dapat memompa daya sekitar 100 dk dan torsi 160 Nm.

BMW juga belum mengungkapkan rencananya memproduksi R20 Concept. Saat ini, perusahaan memiliki R Nine T sebagai motor boxer andalannya yang dijual di pasar global.