Honda Pastikan Produksi dari Saloon EV Bakal Serupa Versi Konsepnya, Meluncur di Tahun 2026
Honda Saloon. (Dok. Honda Global)

Bagikan:

JAKARTA - Honda telah memperkenalkan dua model konsep terbarunya dengan diberi nama ‘Seri 0’, dengan nama Space-Hub sebagai van dan mobil berdesain ramping dinamakan Saloon dalam gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2024.

Kedua mobil ini juga disebut akan menjadi basis dari kendaraan listrik (EV) masa depannya Honda yang akan diluncurkan beberapa tahun mendatang. Bahkan, pabrikan mengeklaim bahwa konsep Saloon akan hadir dalam versi produksi yang tidak jauh berbeda dengan versi pratinjaunya.

6

Toshihiro Mibe, selaku CEO Honda, menjelaskan bahwa mobil bertubuh ramping dan tajam tersebut akan hadir dalam versi produksi dengan memiliki kemiripan dengan versi konsepnya.

“Model produksi akan sangat mirip dengan konsep ini, akan hadir pertama kali di AS dan kemudian di seluruh dunia pada tahun 2026,” kata Mibe dikutip dari InsideEVs, Kamis, 11 Januari.

Dengan demikian, beberapa atribut dari Saloon seperti layar sebagai pengganti kisi-kisi dan pintu sayap camar, juga akan dihadirkan dalam bentuk versi produksinya.

Selain itu, tampilan visual kendaraan ini yang terlihat sangat radikal dan mencolok dengan desain kotak tradisional juga akan dihadirkan dalam versi produksinya. Terlihat dari bentuknya, Saloon mengingatkan pada desain dari Lamborghini Countach yang berada di puncak teratas supercar pada era 1970-an dan 1980-an.

Garis atapnya yang rendah dan siluetnya yang licin akan membantu mengurangi hambatan dan meningkatkan jangkauan, yang menjadi perhatian utama kendaraan listrik serta menampilkan logo pabrikan terbaru untuk jajaran EV-nya.

Sementara untuk baterainya, Honda mengatakan akan menggunakan baterai berkepadatan tinggi yang dirancang untuk meminimalkan degradasi jangka panjang.

Perusahaan ini bertujuan untuk meminimalkan degradasi kapasitas baterai menjadi kurang dari 10% setelah 10 tahun penggunaan. Lalu untuk pengisian daya Honda mengklaim pengisian cepat 10 hingga 15 menit lebih cepat dari waktu rata-rata model saat ini.