Bagikan:

JAKARTA - Honda telah meluncurkan salah satu konsep model dari ‘Seri 0’ yang akan menjadi cikal bakal kendaraan listrik (EV) masa depannya, yakni Saloon. Kemungkinan konsep ini juga akan menjadi basis beberapa model, termasuk mobil sport listrik.

Hal ini diungkapkan oleh CEO Honda, Toshihiro Mibe, yang mengatakan bahwa pihaknya telah mempelajari mobil sport pada era EV dan bahkan juga meneliti lebih jauh di pusat riset dan pengembangan model tersebut.

“Kami sudah meneliti mobil sport era EV dan saat ini berada dalam pusat R&D,” kata Mibe dikutip dari Autocar, Selasa, 30 Januari.

Meskipun Mibe enggan membicarakan soal teknis mobil sport listrik tersebut, pengembangan mobil itu tengah berjalan. Ini semakin menguatkan kemungkinan bahwa model tersebut merupakan NSX versi EV.

Sementara, model yang didasari Saloon akan hadir pada 2026 dengan serangkaian inovasi dan teknis demi memaksimalkan kenyamanan dan keasyikan berkendara dari mengurangi bibit baterai, tapi tidak menghilangkan sisi efisiensinya.

Baterainya disebut akan jauh lebih ramping dibandingkan yang dipasang pada EV Honda saat ini dan tenaga penggeraknya akan berasal dari unit penggerak e-axle, yang terdiri dari motor, inverter, dan girboks tergabung dalam satu unit kompak.

Mibe menjamin bahwa mobil sport tersebut akan memiliki performa dan kesenangan yang jauh berbeda dari model lain yang pernah diluncurkan Honda sebelumnya.

Sebagai bagian dari proses itu, Honda “melakukan analisis yang baik” terhadap pasar mobil sport listrik saat ini, meskipun ia tidak mengungkapkan nama mobil pesaing yang dipelajari.

Sebelumnya, merek otomotif premium dari Honda, Acura, telah menunjukkan visinya sendiri mengenai mobil sport listrik, dengan menampilkan gambar awal yang mengisyaratkan siluet kabin depan yang agresif dengan meniru tata letak mesin tengah NSX.

Meski demikian, Acura belum mau mengungkapkan tanggal peluncuran dari model tersebut dan pihak Honda belum mengaitkan diri dengan proyek tersebut.