Sensasi Berkendara BYD Atto 3 Rute Jakarta-Bandung, Tenaga Instan dan Kaya Fitur
Uji berkendara Jakarta-Bandung BYD Atto 3. (Foto: Afrizal/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Build Your Dream (BYD) telah luncurkan tiga model mobil listrik sekaligus untuk pasar Indonesia, pada 18 Januari lalu, termasuk Atto 3 sebuah SUV dengan desain yang elegan.

Untuk kali ini tim VOI berkesempatan menjajal mobil listrik Atto 3 yang menempati penjualan EV terlaris di sejumlah negara termasuk Eropa ini, dengan rute Jakarta-Bandung. Lantas impresi berkendaranya?

Desain

Dari sisi desain. SUV ini hadir dengan desain sporty, terlihat beberapa lekukan di bodi yang membuatnya juga terlihat aerodinamis. Pada bagian depan dan belakang dipadukan dengan pancaran cahaya yang luas, membuat visibilitas lebih baik.

Sementara itu bagian interiornya juga terasa mewah dilengkapi dengan panoramic sunroof yang membuat kesan lebih luas. Serta dilengkapi dengan banyak fitur yang ramah bagi pengguna, memberikan gaya unik dan khas.

Fitur

6

Fitur yang hadir pada mobil satu ini fokus menunjang kenyamanan hingga keselamatan, seperti airbag untuk sisi pengemudi dan penumpang, Blind Spot Detection (BSD), Electronic Stability Program (ESP), Integrated Park Brake (IPB), Traction Control System (TCS), Electronic Brake Distribution (EBD) Comfort Stop (CST) Hill Descent Control (HDC).

Rasa berkendara

Setelah bahas desain dan fitur, kini mulai bahas rasa berkendara mobil satu ini. Perjalanan dimulai dari dealer BYD yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara,  lanjut memasuki tol Cipularang.

Impresi berkendaranya terasa ergonomis, di mana kursi bisa diatur dengan mudah, dan visibilitas juga luas dan tidak banyak blind spot.

Selain itu suara redam mobil ini juga tergolong nyaman, suara dari luar tidak sampai masuk ke dalam. Soal suspensinya ketika melewati Jalan Layang Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) tidak terlalu empuk namun masih bisa ditoleransi karena ground clearance yang tergolong tinggi yaitu 175 mm.

Mobil satu ini dilengkapi dengan tiga mode berkendara, yaitu eco, normal, dan sport. Ketiganya menawarkan tenaga yang instan, apalagi ketika mencoba mode tertinggi sport jika ingin merasakan sensasi kecepatan mobil satu ini.

Konsumsi baterai

BYD ATTO 3 dilengkapi dengan BYD e-Platform 3.0 terbaru yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik murni. Penggunaan e-Platform 3.0 memberikan manfaat penuh pada kecerdasan, efisiensi, keselamatan, dan estetika. Soal konsumsi baterainya, dengan jarak tempuh 192,8 km (Jakarta-Bandung) daya baterai masih tersia 45 persen, dengan penggunaan berbagai mode berkendara, seperti eco, normal dan sport. 

Sebagai tambahan informasi, Atto 3 dibekali baterai berkapasitas 60.48 kWh, dikombinasikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 210 hp dan torsi 310 Nm. Mobil ini bisa melaju dari 0-100 Km hanya dengan waktu 7,3 detik, dengan kecepatan puncak mencapai 160 km/jam.

Kesimpulan

SUV listrik ini menawarkan kenyamanan tinggi saat berkendara ditunjang ragam fitur menarik yang disematkan. Tentunya dengan segala kualitas yang dimiliki BYD Atto 3, bisa menjadi penantang serius SUV listrik di pasar tanah air.