Sama dengan Indonesia, BYD Ekspansi ke Korea Selatan dengan Boyong Tiga Model Sekaligus
BYD Atto 3. (Foto: Afrizal/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Rakasa mobil listrik asal China yaitu BYD terus ekspansi global, kini masuk pasar Korea Selatan dengan membawa tiga model sekaligus. 

Mengutip dari laman ArenaEV, Selasa, 13 Februari, ketiga model yang dimaksud yaitu Dolphin, Atto 3 dan Seal. Artinya sama dengan yang dihadirkan di Indonesia pada awal tahun lalu. 

"Produsen kendaraan listrik Tiongkok yang berbasis di Shenzhen ini dijadwalkan untuk memiliki pertemuan dengan Kementerian Lingkungan Hidup Korea dan Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi bulan depan untuk mendapatkan izin menjual mobil listrik di Korea," kata salah satu orang yang mengetahui masalah tersebut. 

Seperti diketahui, untuk menjual model listrik di Korea, produsen mobil asing perlu mendapatkan sertifikasi lingkungan dan keselamatan untuk jangkauan berkendara, efisiensi energi, dan keamanan baterai kendaraan mereka, serta menjalani tinjauan kelayakan untuk subsidi kendaraan listrik negara.

"Prosesnya biasanya memakan waktu sekitar dua hingga tiga bulan dan jika semuanya berjalan sesuai rencana, BYD kemungkinan akan menjual model kendaraan listrik penumpangnya di Korea pada paruh pertama tahun ini," kata salah satu sumber. 

Namun dari ketiga model di atas BYD Atto 3 menjadi mobil listrik pertama yang menyapa pasar Korea Selatan. Diharapkan dapat bersaing dengan Hyundai Kona Electric, Hyundai IONIQ 5, Kia Niro EV dan Kia EV6. 

Bicara BYD Atto 3 memang model global pertama dan terlaris BYD. Tahun lalu, perusahaan menjual lebih dari 100.000 unit model tersebut di luar Tiongkok, menyumbang sekitar 40 persen dari keseluruhan penjualan kendaraan listrik global BYD sebanyak 242.759 unit.

Setelah Atto 3, BYD Dolphin telah didaftarkan untuk segera hadir di Korea Selatan dan diikuti dengan Seal Sedan listrik yang memiliki tenaga buas. 

Tim VOI sebelumnya sudah berkesempatan menjajal tiga model di atas, dan semuanya menawarkan sensasi pengalaman luar biasa, dan kenyamanan tinggi.