Menjajal BYD Seal di Sirkuit Sentul, Tenaga Instan dan Kenyamanan Mengemudinya Mantap
Uji Akselerasi BYD Seal. (Foto: Afrizal Abdul Rahman/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Seal menjadi salah satu dari tiga mobil listrik BYD yang diboyong ke Indonesia. Dengan desain yang terinspirasi dari laut, mobil satu ini memiliki tenaga yang tergolong instan. 

Luther T. Panjaitan, Head of Marketing PT BYD Motor Indonesia, mengatakan BYD Seal mencerminkan langkah maju dalam komitmen perusahaan untuk menyajikan kendaraan listrik sedan bertenaga tinggi ke pasar Indonesia. 

"Kemampuan akselerasinya mampu memberikan makna baru akan sebuah kecepatan berkendara dengan mobil EV. Dengan demikian, BYD Seal akan memberikan pengalaman berkendara yang mendebarkan, namun tetap memenuhi visi BYD terhadap masa depan yang lebih ramah lingkungan," katanya, dalam di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin, 5 Januari. 

Kali ini tim VOI berkesempatan menjajal rasa berkendara Seal, tenaganya, hingga kenyamanan mobil satu ini. 

Pada kesempatan pertama, pengetesan dimulai dengan jalur lurus untuk merasakan tenaga instan dari BYD Seal, dengan jarak kurang lebih 400 meter. 

Dengan menerapkan mode sport mobil ini menawarkan sensasi tenaga yang instan, layaknya mobil sport. Pada kesempatan pengetesan, kecepatan tertinggi yang dicoba mencapai 180 km/jam. 

Setelah melibas jalur lurus, pengetesan berlanjut mengelilingi sirkuit Sentul untuk merasakan sensasi kenyamanan, baik dari handling, hingga fitur yang memukau. 

6

Ketika melewati beberapa tikungan, handling Sedan listrik satu ini sangat nyaman, bahkan ketika melewati trek yang tidak rata alias bergelombang suspensinya juga sangat nyaman, padahal kecepatan mobil berkisar 70-80 km/jam.

Selain itu, kami juga menjajal jalur zig-zag yang memang disediakan oleh BYD, tak ambil pusing dengan kecepatan 45 km/jam mobil satu ini berhasil tancap gas tanpa menyentuh pembatas yang diberikan. 

Kenyamanan berkendara juga didukung dengan kabin yang mewah. Dengan pengendalian yang tergolong mudah, hingga desain interior simpel tapi mewah membuat nya menawarkan kenyamanan. 

Sebagai tambahan informasi, BYD Seal mengusung baterai yang sama, yakni baterai BYD Blade Battery (LFP) dengan kapasitas 61,44 kWh untuk tipe Dynamic, sementara tipe Premium dan Performance mengusung baterai 82,56 kWh. Tipe Dynamic memiliki daya jangkau 510 km, Premium 650 km, dan Performance berdaya jangkau 580 km. Soal pengisian daya baterai sudah didukung charge berkecepatan hingga 150 kW.

Terkait performanya, Seal tipe Dynamic menghasilkan tenaga 150 kW atau setara 201 HP dan torsi 310 Nm. Sementara tipe Premium bertenaga 230 kW atau sekitar 308 HP dan torsi 360 Nm, serta tipe Performance berdaya 390 kW atau sekitar 523 HP dan torsi 670 Nm.