Bagikan:

JAKARTA - BYD resmi memperkenalkan tiga model mobil listriknya di Indonesia, termasuk compact hatchback Dolphin yang mengusung konsep desain 'ocean aesthetics'.

Hanya empat hari setelah peluncuran brand dan produk BYD di Indonesia, PT BYD Motor Indonesia menyelenggarakan Media Test Drive untuk BYD Dolphin. Acara ini mengundang awak media untuk merasakan performa berkendara melintasi rute Jakarta-Bogor-Jakarta dengan jarak tempuh sekitar 130 km.

“BYD Dolphin diciptakan untuk merevolusi pengalaman berkendara dengan menggabungkan performa EV yang unggul, kenyamanan yang luar biasa, dan keamanan yang sangat teruji. Dengan tagline Elevate Attraction, EV ini akan menjadi simbol perubahan dalam industri otomotif dengan menggabungkan teknologi tinggi dan desain yang mengesankan," ungkap Eagle Zhao, President Director PT BYD Motor Indonesia, dalam sambutannya pada Senin, 22 Januari.

Tim VOI berkesempatan menjajal langsung mobil satu ini. Lantas bagaimana rasa berkendaranya? 

7

Desain

Sebelum membahas lebih dalam, mari kenali desain mobil ini terlebih dahulu. Secara umum, tampilan garis luar bodi yang canggih, dengan garis lipatan tajam dan kontur mengalir, menciptakan kesan desain yang percaya diri dan elegan. Garis desain ini juga memberikan akselerasi kecepatan bagi pengguna. Inspirasi dari gerakan dinamis lumba-lumba terlihat pada desain lampu depan dan belakang. Lampu depan LED melintasi kisi-kisi tengah, sementara desain lampu belakang yang dinamis tidak hanya menampilkan kesan gaya yang unik dan teknologi terdepan, tetapi juga meningkatkan visibilitas malam hari.

Rasa Berkendara

7

Setelah membahas desain, saatnya masuk ke pengalaman berkendara. Perjalanan dimulai dari dealer resmi BYD Tebet menuju Bogor, membawa varian Premium Extended dengan jangkauan berkendara 490 km. Media diberi kebebasan untuk merasakan sensasi berkendara dan memaksimalkan fitur yang disematkan.

Berkendara di jalan tol Jakarta-Bogor, mobil ini menawarkan kenyamanan luar biasa dengan kabin yang senyap. Ketika mencapai kecepatan di atas 100 km/jam, mobil tetap stabil. Terdapat tiga mode berkendara: eco, normal, dan sport, masing-masing memberikan sensasi berbeda. Mode sport menghasilkan tenaga instan. Saat di wilayah Sentul Bogor, tenaganya menjanjikan, suspensinya nyaman, dan radius putarnya baik. Mobil tidak limbung saat berkendara di jalan tol.

Kenyamanan Kabin

Kenyamanan kabin patut diapresiasi, pengguna dapat menggunakan navigasi, mendengarkan musik melalui Apple CarPlay dan Android Auto. Kabin yang lapang dengan kehadiran panoramik memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Menariknya, pengguna dapat bermain game di layar infotainment yang disematkan. Desain konsol tengah yang futuristik menciptakan interior modern dan dinamis.

Konsumsi Baterai

BYD DOLPHIN menggunakan BYD e-Platform 3.0 terbaru yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik. Penggunaan e-Platform 3.0 memberikan manfaat pada kecerdasan, efisiensi, keselamatan, dan estetika. Keunggulannya adalah penggunaan Blade Battery, yang telah lulus uji ekstrem dan menjadi salah satu baterai teraman di dunia. Meskipun menggunakan berbagai mode berkendara dengan kecepatan beragam, baterai masih tersisa sekitar 50 persen pada akhir perjalanan.

Sistem Keselamatan

Perlu diketahui, BYD DOLPHIN memperoleh peringkat keselamatan bintang 5 dari Program Penilaian Mobil Baru Eropa (Euro NCAP). e-Platform 3.0 meningkatkan kinerja NEV dalam keselamatan dan jangkauan berkendara pada suhu rendah, serta meningkatkan pengalaman berkendara yang cerdas, efisien, dan aman.