Bagikan:

JAKARTA - Honda tergabung dalam daftar merek yang mengikuti gelaran Japan Mobility Show (JMS) 2023 yang saat ini berlangsung di Tokyo, Jepang. Ini menjadi momentum perusahaan dalam menyediakan lebih banyak mobilitas masa depan.

JMS 2023 menjadi wadah bagi perusahaan asal Jepang dalam menghadirkan kendaraan terbaru, yaitu Prelude Concept, yang memiliki gaya sporty serta ramah lingkungan sekaligus menghadirkan pengalaman berkendara mengasyikkan.

“Prelude Concept adalah model sport khusus yang akan menawarkan pengalaman seru yang membuat Anda ingin terus melaju bersamanya dan kegembiraan luar biasa yang belum pernah dirasakan sebelumnya,” ucap Toshihiro Mibe, selaku Direktur Honda Motor Co., dalam laman perusahaan, Rabu, 25 Oktober.

Nama Prelude Concept berasal dari nama salah satu model legendaris pabrikan berlogo ‘H’ tersebut, bernama Prelude. Model ini memulai debutnya pada tahun 1978 sebagai sedan unggulan di kelasnya dengan mengusung mesin 4-silinder.

Model ini telah eksis selama lima generasi dan mengalami serangkaian perubahan, salah satunya yang ikonik dengan mengusung lampu depan yang dapat dibuka tutup pada generasi kedua dan ketiga. Ini membuatnya menyerupai seperti model NSX versi lebih ringkas.

Singkat cerita mobil ini kembali mengalami perubahan desain yang lebih segar pada generasi berikutnya yang membuatnya cocok dikendarai di wilayah perkotaan. Namun, model ini harus disuntik mati pada Oktober 2001 karena penjualan yang semakin menurun untuk pasar global.

5

Kembali ke Prelude Concept, desain pratinjau ini memiliki bentuk yang lebih dinamis membuatnya sedikit berbeda dari mobil konsep kebanyakan. Lampu depannya sedikit meniru rival, seperti Toyota Prius, namun dikombinasikan oleh moncong yang menyerupai Accord atau Civic RS generasi sekarang.

Diperkirakan model ini merupakan tipe Coupe karena bentuk bagasi belakang yang lebih pendek dengan pilar belakang yang lebih landai bergaya dua pintu yang cukup sporty.

Honda belum ungkapkan spesifikasi lebih lanjut mengenai kendaraan ini. Namun, dikabarkan Motor1, Senin, 25 Oktober, versi produksi dari Prelude Concept bukanlah EV, melainkan mobil hybrid. Yang artinya, mobil ini akan menggabungkan performa dari mesin bensin dengan efisiensi penggerak listrik.