Dukung Mobilitas Ramah Lingkungan, Menperin Agus Gumiwang Sempatkan Berkunjung ke Booth Alva di IMOS 2023
Menperin RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, berkunjung ke booth Alva Motor di ICE BSD, Tangerang, pada gelaran IMOS+ 2023. (Dok. Alva Motor)

Bagikan:

TANGERANG - Gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 secara resmi diselenggarakan mulai hari ini, 25 hingga 29 Oktober mendatang.

Salah satu pameran sepeda motor terbesar di tanah air tersebut menampilkan berbagai macam kendaraan mulai dari bermesin ICE hingga listrik.

Berbagai merek turut meramaikan gelaran tersebut dengan membawa teknologi serta inovasi terkini, termasuk kendaraan bermotor berbasis listrik. Selain itu, berbagai industri pendukung otomotif juga akan turut memeriahkan ajang pameran ini, menunjukkan inovasi dan perkembangan terbaru dalam industri otomotif Indonesia.

Salah satunya yang ditampilkan oleh salah satu produsen lokal, Alva Motor. Dalam gelaran ini, merek yang berada di bawah naungan PT Ilectra Motor Group tersebut memamerkan dua motor andalannya, seperti Alva One dan Alva Cervo.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia (Menperin RI), Agus Gumiwang Kartasasmita, menyempatkan untuk mengelilingi area pameran dan mengunjungi booth Alva dan terlihat tertarik dengan model Alva One.

Berdasarkan pantauan VOI di lokasi, tampak Agus Gumiwang diberikan sedikit penjelasan mengenai model tersebut. Perlu diketahui, motor ini juga diproduksi secara lokal dalam pabrik Alva Manufacturing Facility di Cikarang, Jawa Barat, dengan meraih TKDN sehingga mendapat keringanan potongan harga hingga Rp7 juta.

Dengan demikian, ini sejalan dengan program yang dijalankan oleh pemerintah mengenai percepatan transisi kendaraan listrik demi menekan jumlah emisi di Indonesia.

“Penerapan kendaran listrik masih sangat rendah. Tentunya ini menjadi tantangan kita sehingga perlu mengedukasi masyarakat demi bisa menekan jumlah emisi,” kata Agus kepada media dalam kata sambutannya di Tangerang, Rabu, 25 Oktober.

Motor listrik berukuran bongsor tersebut memiliki penggerak listrik drive hub dengan menghasilkan tenaga hingga 5,3 dk dan torsi 46,5 Nm. Alva One memiliki baterai berkapasitas 45 Ah lithium yang sanggup membuat motor ini melaju sejauh 70 km dalam satu baterai dan 140 km pada dua baterai.

Dengan kecanggihan yang ditawarkannya, Alva One saat ini dibanderol dengan harga Rp34,99 juta On The Road DKI Jakarta.