Kian Banyak Pabrikan yang Menghadirkan Motor Listrik di Tanah Air, Alva: Jalannya Sudah Benar
Alva One. (Dok. Alva)

Bagikan:

TANGERANG - Pertumbuhan kendaraan listrik saat ini tidak dapat dibendung. Berbagai pabrikan otomotif berinovasi dalam menghadirkan lebih banyak mobilitas ramah lingkungan demi menekan emisi. Pertumbuhan ini juga didukung oleh pemerintah dengan menerapkan subsidi untuk kendaraan listrik.

Ekosistem yang baik ini juga menjadi pemicu banyak pabrikan lokal meluncurkan motor listrik terbarunya, sebut saja merek seperti Selis, Lisgo, United, Kool EV, Gesits, Greentech, Alva, dan merek lainnya. Belum lagi pabrikan luar asal Jepang yang perlahan menunjukkan minatnya terhadap segmen ini, seperti Yamaha dan Honda.

Menyikapi fenomena tersebut, Putu Yudha, selaku Chief Marketing Officer Alva, mengatakan bahwa pihaknya menyambut semua dengan positif. Menurutnya, industri otomotif saat ini sudah melangkah ke jalan yang benar dengan bertransisi ke kendaraan listrik.

“Dengan banyaknya pabrikan yang menghadirkan kendaraan listrik, itu artinya kita berada di jalan yang benar,” ucap Putu Yudha kepada VOI, Kamis, 26 Oktober, di ICE BSD, Tangerang.

Ia menambahkan dengan masuknya beberapa pabrikan yang berinvestasi ke kendaraan listrik, juga memicu pihaknya untuk melakukan segala inovasi demi mengembangkan motor listrik.

“Kalau dari Alva, kami semakin bersemangat untuk mengembangkan motor listrik untuk menekan jumlah emisi yang ramah lingkungan,” tambah pria yang disapa Adit tersebut.

Saat ini, pameran kendaraan motor terbesar di Indonesia, yakni Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 sedang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, yang berlangsung dari 25-29 Oktober 2023.

Tidak hanya menampilkan kendaraan bermesin bensin (ICE), beberapa pabrikan juga meramaikan acara ini dengan menghadirkan motor berbasis listrik. Selain itu, berbagai industri pendukung otomotif juga akan turut memeriahkan ajang pameran ini, menunjukkan inovasi dan perkembangan terbaru dalam industri otomotif Indonesia.

Total lebih dari 50 merek dari industri kendaraan bermotor dan juga industri pendukung, yang meliputi atas 16 merek sepeda motor dan motor listrik, yakni sepeda motor merek anggota AISI seperti Astra Honda Motor, Suzuki, Yamaha, serta merek sepeda motor lain, Royal Enfield dan Scomadi.

Termasuk juga merek sepeda motor listrik ALVA, Charged EV, Dhelvic, Greentech, Gova EV, Ion Mobility, Kool EV, Lisgo, Polytron, Savart EV, dan Selis. IMOS+ 2023 didukung juga oleh puluhan merek dari berbagai industri pendukung di antaranya ban, spareparts, pelumas mesin, aksesori seperti helm dan apparel, serta berbagai peralatan pendukung berkendara lainnya.

Bagi yang ingin melihat beberapa kendaraan dengan inovasi yang canggih, dapat mengunjungi IMOS+ 2023 yang dibuka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB dengan membeli tiket secara online melalui aplikasi Auto360 dan onsite pada area ticket box dengan harga weekdays (Senin-Jumat) Rp 25.000 dan weekends (Sabtu-Minggu) Rp 40.000.