All-New BMW M2 Coupe di GIIAS 2023, Kalem dalam Tampilan namun Buas dalam Performa
All New BMW M2 Coupe. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 ini, BMW berbagi ruang pamer dengan Mini di BMW Group Pavilion, dan memamerkan beberapa model terbaru mereka.

Di dalam BMW Group Pavilion, pabrikan asal Bavaria ini memajang 24 unit kendaraan, meliputi berbagai model mulai dari mobil bermesin bensin, hybrid, hingga listrik. Di antara rangkaian model tersebut, ada satu model yang mencuri perhatian sejak awal acara.

Model tersebut adalah All-New BMW M2 Coupe, yang pertama kali hadir di Indonesia. Dalam GIIAS 2023 ini, mobil tipe coupe ini dipresentasikan dalam dua varian, yaitu All-New BMW M2 Coupe dan All-New BMW M2 Coupe Purist.

Mobil ini diperkuat dengan teknologi dan sasis yang diadopsi dari model saudaranya, BMW M3 atau BMW M4. All-New BMW M2 Coupe diklaim memiliki kemampuan manuver yang lincah dan pengendalian yang luar biasa.

Mobil ini adalah generasi kedua dari keluarga M2 yang diperkenalkan pada Oktober 2022. Berbeda dari generasi sebelumnya, All-New BMW M2 Coupe tampil dengan desain yang lebih kompak dan sentuhan khas BMW M.

Generasi kedua M2 ini memiliki dimensi panjang 4.580 mm, lebar 1.887 mm, tinggi 1.402 mm, dan jarak sumbu roda 2.746 mm. Berbeda dari M3 dan M4 yang memiliki grill besar, All-New M2 Coupe memiliki grill lebih proporsional dengan palang horizontal yang memberikan tampilan yang lebih elegan pada mobil ini.

Sentuhan BMW M juga terlihat pada bagian depan dengan saluran udara masuk yang lebih rendah dan berkontur persegi panjang, memberikan wajah yang sporty khas BMW M.

Detail BMW M lainnya yang menghiasi eksterior meliputi atap M Carbon, garis M high gloss Shadow Line dengan konten yang lebih luas, atap dalam M headliner anthracite, velg M light alloy berukuran 19 dan 20 inci dengan gaya Double-spoke style 930 M Bicolour dan ban campuran, serta baut roda pengunci. Sementara varian All-New BMW M2 Coupe Purist juga dilengkapi dengan M Race Track Package.

Tidak hanya eksterior, nuansa sporty juga terasa di dalam kabin dengan kursi M Sport, hiasan karbon fiber dari M, penyorot M, dan balutan upholstery Vernasca. All-New BMW M2 Coupe juga menyajikan BMW Live Cockpit Professional dengan instrumen multifungsi berukuran 12,3 inci dan layar berukuran 14,9 inci yang menggunakan sistem operasi BMW Operating System 8 termasuk BMW Intelligent Personal Assistant.

Performa optimal yang dihasilkan oleh All-New BMW M2 Coupe berasal dari mesin 3,0 liter twin-turbocharged 6-silinder segaris yang menghasilkan tenaga hingga 460 dk dan torsi 550 Nm. Dengan mesin ini, mobil ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 4 detik dan mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 250 km/jam.

Tenaga M2 generasi kedua ini juga didukung oleh transmisi manual enam percepatan yang memberikan performa sporty layaknya mobil balap.

Di GIIAS 2023, All-New BMW M2 Coupe dijual dengan harga Rp1,759 miliar, sementara varian Coupe Purist ditawarkan seharga 1,939 miliar rupiah.