Nissan akan Bangkitkan Skyline GT-R R32 Bertenaga Listrik?
Nissan Skyline GT-R R32 EV. (Foto: Twiiter @NissanJP)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak jaman perang hingga kini, Nissan masih menjadi salah satu produsen mobil terkemuka yang fokus pada pengembangan mobil listrik. Mereka telah meluncurkan beberapa model mobil listrik yang sangat populer, seperti Nissan Leaf dan Nissan Ariya.

Sembari menunggu kabar terbaru perihal R36, Nissan merilis sebuah video teaser di akun Twitter resmi mereka, yang menggambarkan Nissan Skyline GT-R R32 bertenaga listrik yang berjudul "Nissan akan menantang produksi prototype EV dari R32 Skyline GT-R."

Bisa saja salah satu mobil sport paling ikonik tersebut akan dihidupkan kembali dalam era Electric Vehicle (EV). Merujuk tahun lalu, Chief Operating Officer Nissan, Ashwani Gupta mengatakan kepada media Top Gear bahwa GT-R versi listrik dipastikan akan hadir. Namun, masih belum dipastikan apakah mobil tersebut ialah R36 yang telah ditunggu lama.

Meskipun demikian, Nissan hanya merilis teaser dari Skyline GT-R R32 yang kemungkinan ini masih berada di tahap awal pengembangan, dengan knalpot yang terlihat disertai suara mesin.

Dikutip dari electrek, Selasa, 28 Maret, Nissan mengatakan bahwa awal mula proyek tersebut dari keinginan salah seorang insinyur yang bergabung dengan mereka dan ia mengagumi model yang dijuluki "Godzilla" tersebut.

Sekadar informasi, Nissan Skyline GT-R R32 dibekali mesin 6-segaris 2,6 liter twin-turbocharged RB26DETT digabungkan dengan transmisi manual lima percepatan. Dengan mesin tersebut, Skyline GT-R R32 dapat mengeluarkan daya 280 dk dan torsi 368 Nm serta mengandung sistem penggerak empat roda (4WD). Mobil ini dapat melaju hingga kecepatan tertinggi 250 km/jam.

Pada masanya, mobil ini perah dinobatkan BBC's Top Gear sebagai satu-satunya kontribusi Jepang di jajaran supercar dunia dan oleh penyiarnya Jeremy Clarkson dinilai sebagai salah satu mobil terbaik di dunia.