Bagikan:

JAKARTA - Bagi penggemar olahraga otomotif dan penggemar Skyline GT-R, pasti pernah mendengar Nissan Skyline GT-R BNR32 JGTCC-GT1 tahun 1994 yang dibangun di Jepang oleh Hasemi Motorsport dan Nismo.

Kendaraan ini khusus dirancang untuk berlaga di kejuaraan Japan Grand Touring Car Championship 1994 yang sangat kompetitif dan saat itu terbukti sukses dengan pembalap Masahiro Hasemi berhasil meraih posisi kedua.

6

Kabar terbaru, dikutip dari Carbuzz, 12 Oktober, mobil legendaris ini akan masuk dalam daftar lelang RM Sotheby's di London pada 4 November mendatang.

Pada zamannya, R32 sendiri adalah monster sejati dan mendapatkan julukan 'Godzilla' setelah meraih banyak kemenangan antara tahun 1990 dan 1993. Namun kerja sama antara Nismo dan Hasemi Motorsport mengubahnya ke level yang lebih tinggi dengan memberi penguatan struktural untuk kekuatan tambahan, panel bodi serat karbon baru, dan perangkat bawahannya yang diperbarui. Nismo dan Hasemi Motorsport juga mengalirkan tenaga ke roda belakang melalui transmisi XTrac enam percepatan secara sekuensial.

7

Berapa tenaga yang dihasilkan? Mesin RB26DETT disetel untuk menghasilkan tenaga sebesar 450 dk, jauh lebih tinggi daripada 276 dk R32 standar. Sementara, pengereman ditangani oleh rem AP Racing.

5

Kendaraan ini dilaporkan terawat dengan baik dan masih mempertahankan mesin Reinik asli buatan pabrik dan komponen lainnya, termasuk livery Unisia Jecs yang ikonik berwarna oranye dan putih yang membuat Skyline ini menjadi salah satu yang paling dikenal di dunia.

7

Selama karirnya yang singkat, Skyline GT-R berhasil meraih kemenangan di lomba Sendai Highland GT, finis 15 detik di depan mobil lain. Lalu, juara dua di 24 Hours of Tokachi.

Selama seri 1995, Skyline hanya tampil sekali dalam kejuaraan GT 300 saat berlomba di Sirkuit Suzuka. Setelah direnovasi, mobil ini pensiun dan dipajang di kantor Jasemi Motorsport.

Dengan kisah latar belakang yang luar biasa, mesin yang bersih dan terawat, serta livery yang ikonik, tidak mengherankan jika harganya diperkirakan mulai 275.000 dolar AS hingga 340.000 dolar AS sekira Rp4,3 miliar sampai Rp5,3 miliar, hampir setara dengan 2,5 unit supercar modern Nissan GT-R R35.