Mobil Pajero Mungil Ini Dijual dengan Harga Rp213 Jutaan
Mitsubishi Pajero Junior ZR-II. (Dok. OttoEx)

Bagikan:

JAKARTA - Mitsubishi Pajero, dikenal sebagai SUV yang tangguh dan andal di berbagai medan, ternyata pernah memiliki versi terkecil yang menggemaskan. Pajero Junior ZR-II, demikian mobil SUV kecil ini disebut.

Pajero Junior diproduksi khusus untuk pasar Jepang dari 1995 hingga 1998. Meski terlihat menggemaskan, Pajero Junior ZR-II memiliki sejumlah kemampuan yang mengejutkan para pecinta otomotif.

9

Menurut laporan dari OttoEx, Kamis, 12 Oktober, Pajero Junior dilengkapi dengan rel atap yang dapat menampung barang bawaan yang cukup banyak. Mobil ini juga memiliki pelek enam palang, fitur keyless entry, sistem pengereman ABS, airbag sisi pengemudi, power window, jendela pengemudi sekali sentuh, dan sejumlah fitur lain sebagai standar.

9

Meskipun menggunakan mesin bensin 1,1 liter SOHC 4-silinder yang menghasilkan tenaga hingga 79 dk, Pajero Junior tetap dapat menunjukkan keandalannya di lintasan off-road. Dengan sistem penggerak roda belakang, pengemudi dapat mengaktifkan pengaturan 4H (four-wheel high) dan 4L (four-wheel low) yang memungkinkan mobil beroperasi layaknya 4WD.

Meski dipasarkan di Jepang, satu unit Pajero Junior ZR-II saat ini tersedia untuk dijual di Portland, AS, dalam kondisi seperti baru. Meskipun tergolong langka, harga yang ditawarkan untuk mobil ini tergolong terjangkau, yaitu sekitar 13.545 dolar AS atau sekitar Rp213 jutaan.

Sejarah Pajero Junior tidak selalu mulus, meskipun pada awalnya model ini meraih kesuksesan dengan penjualan mencapai 30.605 unit. Namun, setelah dua tahun produksi mengalami penurunan signifikan, dari 24.690 unit pada tahun 1996 menjadi 13.934 unit pada tahun 1997. Akhirnya, produksi Pajero Junior dihentikan pada pertengahan tahun 1998, digantikan oleh Pajero iO.