Honri Boma EV, Mirip Toyota Alphard Mini Seukuran Wuling Air EV
Honri Boma EV dipajang di BIMS 2024. (Dok. Paultan)

Bagikan:

JAKARTA - Gelaran Bangkok International Motor Show (BIMS) 2024 dimeriahkan sejumlah model mobil terbaru, termasuk kendaraan listrik (EV). Salah satu EV yang menarik perhatian pada acara tahunan ini ialah Honri Boma EV.

Mobil tersebut merupakan besutan dari pabrikan Hongri Automobile Group, salah satu pabrikan otomotif dari China. EV tersebut memiliki ukuran yang mungil dengan desain lucu.

Dilansir dari Paultan, Selasa, 2 Maret, Honri Boma EV memiliki dimensi panjang 3.517 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1.660 mm, dan wheelbase mencapai 2.495 mm. Mobil tersebut juga memiliki ground clearance 130 mm.

5

Jika diperhatikan lebih dekat, Boma EV memiliki desain yang serupa seperti Toyota Alphard generasi ketika namun dengan bentuk lebih kompak. Mobil tersebut memiliki grill tertutup dan memiliki sentuhan mewah.

6

Berpindah ke bagian dalam, interiornya dilengkapi dengan kluster instrument digital 5 inci yang dipadukan dengan head unit layar sentuh 10,25 inci.

Meskipun memiliki ukuran sangat kompak seperti halnya kei car, Boma EV memiliki beberapa fitur keselamatan seperti Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution (EBD), dan Autonomous Emergency Braking (AEB).

Untuk performa, Honri Boma EV memiliki motor listrik yang tertanam di bagian depan memiliki tenaga 40 dk dan torsi 84 Nm dengan kecepatan maksimal hingga 100 km/jam.

Mobil berukuran mini ini ditawarkan dengan dua opsi baterai nickel manganese cobalt (NMC), yakni 11,9 kWh yang memberikan jangkauan 130 km dan 18,5 kWh dengan jarak tempuh 200 km.

Kedua paket baterai tersebut memiliki kemampuan pengisian daya AC yang dapat mengisi energi hingga terisi penuh dalam 7 jam.

Terkait harga, Honri Boma EV akan dijual di Thailand dengan harga sekitar 500.000 baht (setara dengan Rp216,8 jutaan). Nah, jika mobil tersebut masuk ke pasar Indonesia, model ini akan menjadi pesaing ideal bagi Wuling Air ev atau DFSK Seres E1.