Melihat Tujuan Hari Angkutan Nasional dalam Sejarah Hari Ini, 24 April
Ilustrasi foto (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, 24 April adalah peringatan Hari Angkutan Nasional. Sulit mencari sumber awal mula ditetapkannya Hari Angkutan Nasional. Apa itu Hari Angkutan Nasional dan apa tujuan peringatannya?

Hari Angkutan Nasional diperingati setiap 24 April untuk memeringati perkembangan sejarah angkutan umum di Indonesia. Apa saja yang dimaksud angkutan?

Angkutan berarti kendaraan bergerak yang menggunakan tenaga mesin, baik itu manusia ataupun hewan. Tujuan angkutan adalah memudahkan mobilitas manusia dalam kehidupan harian.

Secara umum, angkutan dibagi menjadi tiga: darat, laut udara. Di darat, ada becak, taksi, delman, ojek, hingga bus kota. Di laut, ada kapal feri, kapal tanker, kapal tunda, serta kapal wisata. Di udara, kita mengenal pesawat penumpang sipil, pesawat angkut atau pesawat militer.

Tujuan peringatan Hari Angkutan Nasional

Ada beberapa tujuan dari peringatan Hari Angkutan Nasional. Salah satunya untuk menyebarkan pengetahuan tentang peran penting angkutan umum bagi hajat hidup masyarakat.

Peringatan Hari Angkutan Nasional juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. Dengan membudayakan transportasi umum, kemacetan diharapkan musnah.

Selain itu, demi menjaga fasilitas. Dengan kesadaran tinggi, budaya menjaga fasilitas umum diharapkan terus tumbuh.

Dari sisi pengendara, operator, atau berbagai stakeholder, peringatan Hari Angkutan Nasional diharapkan dapat memberi pengalaman lebih baik. Semua tujuan-tujuan itu saling berkesinambungan.

Hubungan antara penumpang, penyedia jasa, otoritas, dengan budaya berangkutan umum. Semua terkait dan saling memengaruhi.

*Baca Informasi lain soal SEJARAH atau baca tulisan menarik lain dari Putri Ainur Islam.

 

SEJARAH HARI INI Lainnya