Bagikan:

JAKARTA – Memori hari ini, 41 tahun yang lalu, 17 September 1983, aktor yang juga binaragawan, Arnold Schwarzenegger resmi mengucap sumpah menjadi warga negara Amerika Serikat (AS). Momen itu jadi peristiwa paling menentukan dalam kariernya sebagai aktor Hollywood.

Sebelumnya, Arnold tak lebih dari seorang pemuda miskin asal Austria. Ia mengganggap kehidupannya takkan berkembang jika tak segera merantau. Keputusan pun diambil. Arnold memilih AS sebagai tujuannya untuk menggapai kesuksesan.

Kemiskinan kadang pula jadi motivasi terbaik dalam hidup. Narasi itu diamini oleh Arnold Schwarzenegger. Ia merasakan bagaimana sulitnya hidup sebagai orang miskin. Sekalipun profesi orang tuanya tak buruk-buruk amat sebagai polisi desa.

Masalahnya gaji yang diterima seorang polisi desa di Graz, Austria tak besar. Kondisi itu membuat Arnold hidup serba kekurangan. Ia tinggal di rumah sederhana. Bahkan, tanpa kulkas dan telpon. Arnold pun sempat menikmati kehidupan itu. Namun, hatinya ingin melakukan perubahan.

Ia tak bisa selamanya hidup dalam kemiskinan. Ia pun mulai mencoba merantau ke AS. Negeri Adidaya itu dipilih karena banyak orang-orang dari negaranya yang menjalani American Dream (impian Amerika) untuk sukses dan berhasil.

Setelah kondang sebagai atlet binaraga kelas dunia, Arnold Schwarzenegger banyak diliput media dalam beragam aktivitasnya. (Wikimedia Commons)

Arnold berangkat ke AS. Namun, kehidupan di AS tak pernah mudah. Arnold merasa harus dapat bertahan dengan mengerjakan apa saja. Belakangan Arnold kerap melihat orang-orang unjuk kekuatan angkat besi.

Ia mencoba meniti karier sebagai binaragawan. Nyatanya, Arnold cocok menekuni dunia angkat besi yang membawanya jadi atlet binaraga. Otot-otot tubuhnya mulai dibentuk. Ia sampai mematangkan target sebagai orang nomor satu di dunia Binaraga. Atau layaknya Muhammad Ali di dunia tinju.

Dewi Fortuna pun datang. Arnold mampu meraih gelar Mr. Universe, Mr. World, dan Mr. Olimpia. Kesuksesan itu membuat tawaran bermain film mendatanginya satu-satu pada 1970-an.

“Jelas bagi saya bahwa saya harus membuat binaraga menjadi populer. Binaraga harus menjadi sesuatu yang diikuti dan dikagumi orang — dan Anda bisa menghasilkan uang darinya.”

“Itulah idenya. Saya merasa seperti Muhammad Ali dalam binaraga, bahwa saya bisa membawa kepribadian ke dalamnya dan karena itu orang akan memperhatikan,” ungkap Arnold sebagaimana dikutip David Marchese dalam tulisannya di laman The New York Times berjudul Arnold Schwarzenegger Is Here to Pump You Up Emotionally (2023).

Upaya Arnold dalam menaiki tangga popularitas tak sedikit. Ia mencoba mempelajari banyak hal. Arnold pun mencoba menyempurnakan impian Amerikanya dengan menjadi warga AS pada 17 September 1983.

Arnold pun disumpah untuk mengakui AS sebagai negara yang baru. Alhasil, sebagai warga AS, Arnold pun mulai menjalani segala macam pekerjaannya dengan penuh suka cita. Ia pun mencoba merangkai mimpi jadi artis higga politisi. Hasilnya gemilang dan sukses besar.

“Rekan-rekan Amerika saya, ini adalah momen yang luar biasa bagi saya. Berpikir bahwa seorang pemuda yang dulunya dari Austria dapat tumbuh menjadi gubernur negara bagian California, itu adalah impian seorang imigran. Di sekolah ketika guru akan berbicara tentang Amerika, saya akan melamun tentang datang ke sini.”

“Saya akan melamun tentang tinggal di sini. Selama saya hidup, saya tidak akan pernah melupakan hari ketika saya mengangkat tangan kanan saya dan saya mengambil sumpah kewarganegaraan. Anda tahu betapa bangganya saya? Saya sangat bangga bahwa saya berjalan-jalan dengan bendera Amerika di bahu saya sepanjang hari,” ujar Arnold sebagaimana dikutip laman Rollingstone, 18 September 2023.