Arnold Schwarzenegger Gunakan Pedang Conan untuk Kecam Trump dan Penyerang Capitol
Arnold Schwarzenegger (Sumber: YouTube/Frank Fastner)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Gubernur California yang juga aktor, Arnold Schwarzenegger menyamakan massa penyerbu Gedung Capitol dengan Nazi. Ia juga menyebut Presiden AS Donald Trump pemimpin gagal yang "akan tercatat dalam sejarah sebagai presiden terburuk yang pernah ada."

Mengutip CNA, Senin, 11 Januari 2021, sindiran Schwarzenegger tertuang dalam video yang dia unggah di media sosial, Minggu, 10 Januari. Video itu menampilkan Partai Republik yang mengatakan: Rabu adalah Malam Kaca Pecah di sini, di Amerika Serikat.

Pada 1938, Nazi di Jerman dan Austria merusak rumah, sekolah, dan bisnis milik orang Yahudi. Serangan tersebut dikenal sebagai Kristallnacht atau 'Malam Kaca Pecah.'

“Pecahan kaca berada di jendela Gedung Kongres AS. Tapi massa tidak hanya menghancurkan jendela Capitol, mereka menghancurkan ide-ide yang kita yakini," katanya. "Mereka menginjak-injak prinsip yang mendasari negara kita.”

Schwarzenegger, yang lahir di Austria, juga menyamakan Proud Boys --kelompok ekstremis sayap kanan Amerika-- dengan Nazi. Beberapa pemimpin Proud Boys ditangkap di Washington DC, sebelum dan sesudah kerusuhan di Gedung Capitol.

"Presiden Trump berusaha untuk membatalkan hasil pemilu dan pemilu yang adil," kata Schwarzenegger dalam video tersebut. "Dia mencari kudeta dengan menyesatkan orang dengan kebohongan," Arnold berbicara sembari mengangkat pedang conan di tangannya. 

Schwarzenegger juga menyebut Trump sebagai pemimpin yang gagal. Ia mengaku terhibur dengan kenyataan bahwa kepresidenan Trump akan segera berakhir dan "akan segera menjadi tidak relevan seperti tweet lama".

Dalam video itu, Schwarzenegger juga menyerukan persatuan nasional dan berjanji mendukung Presiden terpilih AS Joe Biden setelah massa yang pro-Trump menggeruduk Gedung Capitol AS. Penyerangan tersebut juga menyebabkan penghentian sementara penghitungan pemilu. Anggota Kongres kemudian kembali dan mensertifikasi hasilnya.

Lima orang tewas, termasuk seorang petugas polisi Capitol. Puluhan perusuh telah ditangkap dan lebih banyak lagi yang dicari setelah serangan itu.

“Dan bagi mereka yang berpikir mereka dapat membatalkan Konstitusi AS, ketahuilah ini: Anda tidak akan pernah menang,” kata Schwarzenegger.

Dalam video yang berdurasi lebih dari tujuh setengah menit itu, Schwarzenegger juga menyamakan demokrasi AS dengan pedang yang ia tunjukkan dalam peran awalnya sebagai Conan the Barbarian. Menurutnya hanya akan tumbuh lebih kuat jika ditempa.

Schwarzenegger, yang terkenal karena peran dalam Terminator, terpilih sebagai Gubernur California pada 2003. Dia kemudian terpilih untuk masa jabatan penuh.

"Saya yakin, meski kami terguncang dengan peristiwa-peristiwa belakangan ini, kami akan tampil lebih kuat karena kami sekarang memahami apa yang bisa hilang," katanya, menambahkan bahwa mereka yang berada di balik kerusuhan itu akan ditahan.