Presiden Korea Selatan Pastikan Seluruh Warganya Mulai Bulan Depan Dapat Vaksin COVID-19, Gratis!
Suasana sepi Kota Seoul karena pandemi virus corona. (Gear5.8 by Roberto R/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in memastikan, pemerintah akan memberikan vaksin COVID-19 kepada seluruh warga negaranya secara gratis. Pemberian vaksin ini akan dilakukan bertahap mulai bulan depan. 

Hal ini dikatakan oleh Presiden Moon dalam pidato tahun barunya, pada Senin 11 Januari waktu setempat yang disiarkan melalui televisi.

"Pemerintah akan memastikan semua orang akan disuntik (vaksin COVID-19) dengan gratis, secara bertahap sesuai prioritas. Vaksinasi akan dimulai bulan depan," kata Presiden Moon, melansir koreatimes.  

Korea Selatan sendiri tengah menunggu pengiriman gelombang pertama vaksin COVID-19, dari beberapa produsen vaksin COVID-19 asing yang menandatangani kerjasama pengadaan vaksin.

Dalam pidato yang sama, Presiden Moon juga mengungkapkan, pemerintah tengah meninjau efektivitas dan keamanan vaksin yang dikembangkan oleh Korea Selatan. Ia berjanji akan mempublikasikan semua prosedur yang relevan secara transparan.

"Pemerintah terus mendorong pengembangan vaksin Korea Selatan, sebagai bagian dari upaya 'kedaulatan' vaksin dan kerja sama global dalam hal peningkatan kesehatan," ungkapnya.

"Akhir dari terowongan gelap dalam pertarungan anti-virus terlihat pada akhirnya. Bagi Korea Selatan, tahun 2021 akan menjadi tahun pemulihan dari krisis pandemi COVID-19. Serta, pemulihan inklusif untuk mengurangi kesenjangan dan disparitas sosial, yang semakin dalam karena pandemi," pungkas Presiden Moon.