Hari Alice Cooper Ditetapkan oleh Wali Kota Milwaukee dalam Memori Hari Ini, 1 Oktober 2021
Legenda hidup musik metal dunia, Alice Cooper. (Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA – Memori hari ini, dua tahun yang lalu, 1 Oktober 2021, Wali Kota Milwaukee, Amerika Serikat (AS), Cavalier Johnson menetapkan Hari Alice Cooper (Alice Cooper Day). Penentapan itu dilakukan karena legenda musik metal itu telah memberi pelajaran sejarah penting terkait Milwaukee dalam aksinya di film Wayne’s World (1992).

Sebelumnya, pria bernama asli Vincent Damon Furnier telah memantapkan jalan hidupnya di musik. Ia membuat band yang kemudian digunakannya sebagai nama panggung, Alice Cooper. Band itu mengguncang dunia dengan aksi panggungnya yang tak lazim.

Hidup berpindah-pindah bukan jadi halangan bagi Furnier kecil merangkai cita-cita. Kepindahannya dari Detroit ke Phoenix justru membuatnya semakin menyukai musik. Ia bahkan pernah tergabung dalam band bernama Earwigs.

Band itu dibentuk oleh Furnier dan rekan-rekannya untuk menyanyikan parodi lagu-lagu The Beatles. Lagu itu dibawakan untuk acara sekolah. Kemudian, ia membentuk band Spiders yang membuatnya banyak bersentuhan dengan musik rock dan metal.

Formasi orisinil band Alice Cooper pada 1969, dari kiri: Dennis Dunaway (bass), Neal Smith (drum), Alice Cooper (vokal), Michael Bruce (gitar), Glen Buxton (gitar). (Best Classic Bands) 

Saban hari, Furnier dan teman-temannya membawakan lagu cover dari band rock kesohor. Nama Furnier sebagai vokalis kemudian terangkat. Popularitas itu jadi modal besar Furnier dan kawan-kawannya kala pindah ke Los Angeles.

Semua sepakat nama Spiders harus diganti. Alhasil, terpilih sebuah nama band baru, Alice Cooper. Pemilihan nama itu konon dilakukan kala Furnier sedang bermain papan arwah (Ouija).

Nama itu nyatanya membawa berkah. Furnier semakin semangat menulis dan membawakan lagunya sendiri. Hasilnya album bertajuk Pretties for You (1969) dan Easy Action (1970) muncul sebagai bukti eksistensinya. Sekalipun kedua album itu kurang mendapatkan sambutan di khalayak umum.

Ia tak menyerah. Furnier mulai mempelajari kegagalannya. Alhasil, Furnier mulai melanggengkan ramuan nyeleneh dalam aksi panggungnya. Dari membawa ular hingga kursi listrik. Ramuan itu turut diadopsi pula dalam album mereka yang ketiga, Love It to Death (1971). Album itu meledak di pasaran.

Kesuksesan itu kemudian diikuti oleh album-album selanjutnya. Nama Furnier yang kemudian miliih nama panggung sesuai bandnya, Alice Cooper pun bak legenda hidup, musik metal dunia. Puncaknya ia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota band Alice Cooper pada 2011.

Penampilan Vincent Damon Furnier atau Alice Cooper pada tahun 1972. (Best Classic Bands)

“Cooper lahir dengan nama asli Vincent Damon Furnier. la kemudian memakai nama band bentukannya, Alice Cooper sebagai nama panggungnya sendiri sejak memutuskan berkarier solo pada 1975. Siapa sangka, di balik sosoknya yang mistis, latar belakang keluarga Cooper sangat religius. Sang ayah adalah misionaris di Gereja Bickertonite di Detroit, Michigan, AS.”

“Hingga kini Alice telah menghasilkan 25 album studio, 46 single, delapan live album, 21 album kompilasi, 12 video, dan sebuah buku audio. Enam studio albumnya mendapat penghargaan Platinum di Amerika, adapun dua album lainnya mendapatkan penghargaan Gold,” terang Agulia Hidayah dalam tulisannya di Koran Tempo berjudul Salam Metal, Tuan Nice Guy (2011).

Kepopuleran pria yang kemudian akrab disapa Cooper membuat banyak orang kepincut. Wali Kota Milwaukee, Cavalier Johnson, misalnya. Orang nomor satu di Milwaukee itu tak hanya menyukai musik-musik Cooper. Namun, ia menganggap Cooper bak pahlawan. Cooper dielu-elukan sebagai sosok berjasa yang memperkenalkan Milwaukee kepada dunia.

Sejarah Milwaukee itu dilanggengkan Cooper kala ikut berpartisipasi dalam film Wayne’s World. Kala itu ia mencoba menjelaskan kepada karakter Wayne dan Garth terkait asul-usul istilah Milwaukee. Cooper menjelaskan bahwa Milwaukee berasal dari frasa ‘Mil- ee-wau-kay.’ Artinya, adalah tanah yang baik.

Penjelasan itu kemudian dilanjutkan dengan runut oleh Cooper sampai kedua karakter tak berkutik. Alhasil, penggalan adegan itu membuat bangga seisi Milwaukee. Cavalier Johnson, apalagi. Ia kemudian menetapkan Hari Alice Cooper pada 1 Oktober 2021. Penetapan itu dilakukan atas dedikasi Cooper dan Hari Alice Cooper akan dirayakan tiap 1 Oktober pada tahun-tahun berikutnya di seantero Milwaukee.

The Godfather of shock rock dan stage theatrics, @alicecooper telah menghibur penggemar Milwaukee yang tak terhitung jumlahnya sejak pertunjukan pertamanya di Wisconsin pada tahun 1973. Saya menyambutnya kembali ke ‘tanah yang baik’ hari ini dengan menyatakan 1 Oktober sebagai ‘Hari Alice Cooper’ di seluruh Kota Milwaukee,” ungkap Tom Barrett dalam akun twitternya @MayorOfMKE, 1 Oktober 2021.