Bagikan:

JAKARTA - Sejak Min Hee Jin dipecat dari posisinya, label ADOR yang dikelolanya mendapat manajemen baru. Ternyata hal ini berdampak pada konten NewJeans yang sudah dirilis di bawah pimpinan Min Hee Jin.

Sutradara Shin Woo Seok yang menyutradarai beberapa video musik lagu NewJeans menyatakan bahwa dia tidak bisa bekerja dengan manajemen ADOR yang baru. Penggemar menemukan beberapa konten terkait NewJeans mulai dihapus, salah satunya lagu Ditto.

Pada tahun 2022, NewJeans merilis lagu Ditto dengan video musik yang menceritakan karakter seorang siswi bernama Ban Hee Soo. Video musiknya menampilkan kisah Ban Hee Soo yang merekam keseharian para member NewJeans yang berperan sebagai teman sekolah.

Dalam rangka promosi, Shin Woo Seok membuat kanal YouTube bernama Ban Hee Soo berisi video yang ia rekam dari sudut pandang karakternya. Video itu tidak diunggah ke kanal YouTube HYBE LABELS yang berisi video terkait artis dan label di bawah manajemen mereka.

Penggemar menemukan kanal YouTube Ban Hee Soo sudah menghilang dari YouTube yang diduga karena permintaan dari manajement ADOR.

“Saya pikir peraturan ADOR berubah dengan manajemen baru. ADOR meminta kami untuk menghapus video dan kanal YouTube yang Dolphiners Fims buat terkait video musik Ditto dari NewJeans. Sekarang kami tidak bisa mengunggah seluruh video yang awalnya kami rencanakan,” jelas Shin Woo Seok melalui Instagram Story-nya.

“Kami membuat kanal YouTube Ban Hee Soo tanpa mengambil keuntungan karena ingin membuat sesuatu yang baik untuk penggemar. Tapi karena ADOR memintanya, kami akan menghapus semuanya dan kami tidak bisa membuat videonya tersedia,” lanjutnya.

“Mulai sekarang, saya pikir Dolphiners Films tidak bisa bekerja dengan ADOR. Kami punya janji mengenai proyek antara kami dengan member NewJeans tapi saya rasa kami tidak bisa mewujudkannya. Kami juga merasa bersalah kepada staf yang bekerja hingga tengah malam selama beberapa bulan, terlebih kepada penggemar,” kata Shin Woo Seok.

Selain Ditto, Shin Woo Seok juga mengarahkan video musik ETA dan Cool With You. Pihak HYBE merespons dengan mengklaim mereka tidak meminta Woo Seok untuk menghapus tapi hanya berhenti mengunggahnya. ADOR juga mengklaim Shin Woo Seok membagikan video tanpa izin mereka.

Mendengar hal itu, Shin Woo Seok membantah respons ADOR dan HYBE soal video musik. Ia mengklaim sudah memiliki perizinan soal director’s cuts yang diunggah lewat kanal YouTube tersebut.

“Kalian bicara apa? Saya sudah punya perjanjian antara kami untuk membagikan versi director’s cuts. Untuk membuat sebuah proyek, tiga perusahaan setuju untuk mengunggah video lewat Dolphiners Film. Tapi manajemen ADOR yang baru berbohong,” tulis Shin Woo Seok.

“ADOR sendiri yang minta saya hapus video, mereka bilang itu melanggar hak artis mereka dan hanya boleh dibagikan di kanal resmi mereka. Mereka mengirim dokumen legal untuk meminta, jika kami tidak menghapusnya hingga Senin (2/9) pagi, mereka akan menuntut denda karena melanggar kontrak. Kalian saja sudah mengancam kami, jadi apa yang kalian katakan? Apa kalian baru tahu kanal YouTube Ban Hee Soo setelah kami menghapusnya?” ujar sutradara hit tersebut.

“Lagipula bicara logika, siapa juga sutradara yang mau membakar hasil karya dengan tangannya sendiri? Alasannya apa? Video di kanal YouTube Ban Hee Soo itu adalah bentuk kehadiran “Ditto” yang saya sutradarai. Videonya diminta oleh manajemen ADOR yang lama, tanpa bayaran, hanya untuk penggemar. Jadi mengapa saya menghapusnya jika tanpa alasan?” katanya lagi.

Shin Woo Seok merupakan salah satu orang yang mengisi petisi di pengadilan untuk mendukung Min Hee Jin mempertahankan posisinya di ADOR. Ia curiga hal itu menjadi alasan HYBE mencoba menghalanginya dalam mengerjakan proyek NewJeans.

“Saya tidak tahu apa karena saya menulis dukungan untuk Min Hee Jin atau karena saya menolak mengerjakan video musik artis HYBE lainnya atau karena kalian mencoba menghapus NewJeans, tapi saya harap kalian tidak membuat permainan kotor dengan media. Bahkan ketika saya bilang ini, saya tahu kalian bakal melakukannya,” tutup Shin Woo Seok.