Bagikan:

JAKARTA - Kisruh antara sub-label ADOR dan perusahaan yang menaunginya, HYBE mulai bermunculan. Kabar ini bermula dari Min Hee Jin, CEO ADOR yang diduga melalui proses pemecatan dari label yang ia dirikan.

Senin, 22 April, HYBE dilaporkan melakukan audit terhadap manajemen ADOR setelah menemukan dugaan ADOR mencoba independen. HYBE juga dilaporkan mengadakan rapat pemegang saham dan mengirim dokumen untuk pemecatan Min Hee Jin sebagai CEO ADOR.

Pihak HYBE mengonfirmasi bahwa audit memang dilakukan. Pihak ADOR kini buka suara mengenai manajemen mereka melalui kisruh dengan HYBE. Pihak ADOR menyayangkan HYBE yang mencoba meniru konsep NewJeans melalui grup terbaru label BELIFT LAB, ILLIT.

“Halo, ini ADOR co., Ltd (referensi setelah ADOR, CEO Min Hee Jin). ADOR secara publik menjelaskan insiden ILLIT meniru NewJeans untuk melindungi artis kami NewJeans dan perkembangan industri musik dan budaya di Korea,” begitu pernyataan awal pihak ADOR yang dipimpin oleh Min Hee Jin.

Mereka menjelaskan HYBE sebagai perusahaan menaungi berbagai label termasuk ADOR yang mengelola NewJeans serta BELIFT LAB sebagai rumah bagi ILLIT dan ENHYPEN. Namun, secara ironis, mereka menyayangkan konsep NewJeans yang banyak ditemui melalui ILLIT.

“BELIFT LAB, salah satu label dari HYBE, mendebutkan grup lima member ILLIT pada Maret tahun ini. Setelah foto teaser ILLIT dirilis, reaksi eksplosif tersebar secara online menyebut “Saya kira ini NewJeans”. ILLIT meniru NewJeans dalam berbagai aktivitas hiburan termasuk rambut, riasan, pakaian, koreografi, foto, video, dan penampilan,” jelas ADOR.

“ILLIT disebut sebagai “gaya Min Hee Jin” “tipe Min Hee Jin” dan “imitasi NewJeans”. Situasi yang sangat disayangkan,” lanjutnya.

Mereka juga menemukan dugaan tiruan ini lantaran CEO HYBE, Bang Si Hyuk menjadi produser dari album debut ILLIT, sehingga ADOR menyimpulkan tiruan ini tidak hanya dilakukan BELIFT LAB tapi juga HYBE sebagai perusahaan.

“HYBE, perusahaan yang memimpin di K-pop, dibutakan dengan keuntungan jangka pendek dan produksi non-orisinal dengan meniru konten budaya tanpa ragu,” katanya.

ADOR menyayangkan NewJeans yang sedang mempersiapkan comeback di bulan Mei terus mendapat sorotan karena ILLIT. Mereka mengklaim pihak yang harus bertanggung jawab di sini adalah HYBE dan BELIFT LAB.

“Ada reaksi yang memahami kalau ILLIT serupa dengan NewJeans karena mereka berada di bawah label HYBE. Beberapa bahkan berpikir ADOR dan NewJeans mengizinkan kesamaan itu tapi reaksi itu adalah salah paham. Sistem multi-label adalah sistem bagi setiap label untuk membuat musik secara independen, bukan sistem yang memberi label lain untuk meniru label lain hanya karena mereka bersambungan,” jelas agensi.

ADOR juga menegaskan tidak ingin NewJeans dan ILLIT dikaitkan bahkan dipromosikan sebagai grup kakak-adik hanya karena mereka satu perusahaan. ADOR juga sudah menyuarakan isu ini kepada HYBE dan BELIFT LAB namun mereka membuat berbagai alasan.

“Di tengah situasi ini, HYBE menginformasikan 22 April 2024, mereka akan mencabut CEO Min Hee Jin dari tugas karena mereka khawatir dia akan merusak nilai korporasi ADOR. Pada saat bersamaan, mereka membuat media play dengan CEO Min Hee Jin mencoba menyusun hak manajemen,” kata agensi.

ADOR akan membuat pernyataan selanjutnya setelah berdiskusi dengan member NewJeans dan pihak legal. ADOR merupakan label yang didirikan Min Hee Jin usai keluar dari SM Entertainment. Ia mengorbitkan NewJeans sebagai grup pertama dalam label tersebut bersama HYBE.

Kemudian BELIFT LAB yang juga menjadi sub label HYBE mendebutkan ENHYPEN serta ILLIT pada Maret lalu.