Bagikan:

JAKARTA - Konflik antara HYBE dan ADOR sebagai agensi NewJeans kian memanas. Baru-baru ini, sebuah surat yang diungkap menjadi pernyataan resmi dari para orang tua member NewJeans kini dibagikan secara publik.

Melansir Ilgan Sports, Min Hee Jin membagikan ulang surat yang ia terima dari orang tua member NewJeans pada 31 Maret ketika ia pertama kali bicara soal ILLIT, grup baru BELIFT LAB serta perlakuan tidak adil Bang Si Hyuk terhadap NewJeans.

“Sebagai orang tua dan perwakilan legal dari Kim Minji, Hanni Pham, Kang Haerin, Marsh Danielle, dan Lee Hyein (dalam sebutan NewJeans), kami mengirimkan pernyataan resmi kepada CEO ADOR Min Hee Jin pada 31 Maret 2024,” buka surat tersebut.

“Kami menyatakan kekhawatiran terhadap kontroversi mengenai kesamaan dari konsep (foto, video musik, lainnya), gaya berpakaian, koreografi dan sebagainya antara NewJeans dan grup yang debut di bawah label HYBE (disebut sebagai 000). Kesamaan ini merupakan hasil imitasi dari HYBE/BELIFT LAB,” kata mereka.

Para orang tua meyakini konsep dan semua yang dimiliki NewJeans dilakukan oleh para staf yang bekerja pertama kali dengan NewJeans secara eksklusif. Mereka menyayangkan label dari perusahaan yang sama merencanakan tim dengan debut yang sangat mirip dengan NewJeans hanya satu tahun delapan bulan setelah NewJeans debut.

Dibandingkan dengan ILLIT

“Kami mempertanyakan rasionalitas di balik perencanaan di dalam perusahaan meski masuk akal bagi tim dengan karakter berbeda untuk menargetkan pasar berbeda terutama ketika debut mereka tidak jauh. Kami paham ADOR tidak terlibat dengan proses ini. Kami minta HYBE/BELIFT LAB mengklarifikasi intensi mereka,” lanjutnya.

“Terlebih lagi, pemasaran tim baru melakukan perbandingan semakin membuat masalah lebih besar. Apakah ADOR memberi izin untuk menggunakan koreografi dengan perubahan yang identik? Jika situasi ini terus berlanjut, ini akan merusak nilai dan reputasi NewJeans,” ujar mereka.

Para orang tua merasa tidak nyaman setiap kali grup ILLIT disebut dalam tulisan mengenai NewJeans dan mereka tidak bisa melakukan apapun untuk menghentikan ini. Mereka mengaku mengetahui berbagai komentar dalam video ILLIT yang didominasi dengan tulisan, “Saya kiri ini NewJeans.”

“Kami marah dan kecewa karena NewJeans digunakan sebagai analisis komparatif yang tidak perlu dan itu menyakitkan,” kata mereka.

Bang Si Hyuk Tolak Sapa NewJeans

“Apa BELIFT LAB/HYBE punya intensi untuk menjaga nilai NewJeans dan tiap member? Alasan ini tidak diurus karena situasi aneh terus bermunculan. Kami berpikir mengapa Bang Si Hyuk sebagai direktur HYBE mengacuhkan NewJeans dan tidak menyapa mereka ketika bertemu di kantor,” lanjut agensi.

Para orang tua mendapat cerita itu dari anak-anak mereka yang menyebut mungkin Bang Si Hyuk tidak melihat mereka. Namun, hal itu terjadi secara terus menerus di luar kantor sehingga para member merasa bingung apakah Bang Si Hyuk tidak mengetahui mereka adalah member NewJeans.

“Bahkan jika mereka tidak tahu mereka member NewJeans, membalas sapaan adalah hal dasar. Apa sulit bertukar sapa? Setelah mendengar cerita ini, kami sadar Bang Si Hyuk berpura-pura tidak melihat mereka dan mereka dihindari. Kami kaget mengetahui situasi ini sebagai orang tua dan kami kecewa tidak ada yang kami bisa katakan. Para member hanya anak-anak sekolah menengah,” katanya.

Tunda Debut NewJeans

Para oarang tua juga mengetahui NewJeans awalnya disebut sebagai trainee SOURCE MUSIC dan menjadi grup perempuan pertama. Akan tetapi, tiba-tiba debut mereka ditunda hingga mereka mengetahui 000 dan 000 (Kim Chae Won dan Sakura) dikontrak sebagai trainee SOURCE MUSIC dan debut sebagai LE SSERAFIM.

“Janji palsu yang dibuat ketika member NewJeans menjadi trainee SOURCE MUSIC adalah mimpi buruk yang tidak terlupakan. Karena proses ini, bahkan ada member yang sempat berpikir untuk menyerah debut,” katanya.

“Isu plagiarisme yang ada di media sosial adalah hasil dari perlakuan tidak adil HYBE dan kurangnya transparasi, kami percaya ini adalah awal. Kami menolak NewJeans digunakan sebagai strategi untuk menarik perhatian ketika sedang dibutuhkan oleh HYBE,” katanya lagi.

Minta Min Hee Jin Lindungi NewJeans

Para orang tua meminta Min Hee Jin untuk memastikan aktivitas NewJeans dan menjaga mereka dari HYBE/BELIFT LAB. Mereka juga membaca artikel ketika ILLIT debut, mereka menyebut Bang Si Hyuk secara konsisten memonitor latihan dan memberi saran.

“Artinya Bang Si Hyuk terlibat secara produksi. Jika direktur memproduksinya sendiri, akan lebih layak jika strategi berbeda dibuat. Sebagai leader industri K-pop, HYBE harus memberi lingkungan yang aman dan sehat untuk para artis mereka,” tutup perwakilan member NewJeans.

Respons HYBE

Pada hari yang sama, HYBE merilis pernyataan bahwa mereka menegaskan ILLIT tidak meniru NewJeans. Mereka menyebut klaim mereka soal tidak menyapa adalah argumen satu sisi dan tidak benar.

“Kami menyayangkan Min Hee Jin menggunakan cara kuno membawa artis dan orang tua mereka untuk kebutuhan dirinya sendiri. Kami punya bukti bahwa email menyerang HYBE adalah bagian dari pengambilan hak, Min Hee Jin mengunakan orang tua untuk menaikkan isu karena akan merusak pernyataan jika dia melakukannya sendiri, email yang dikirim atas nama orang tua sebenarnya ditulis Min Hee Jin dan wakil ADOR. Kami akan menyerahkan bukti ini secara hukum,” kata HYBE.

Tidak merespons tulisan, HYBE meminta Min Hee Jin untuk berhenti menggunakan artis dan orang tua mereka untuk mendapat simpati publik.