Bagikan:

JAKARTA - Pihak NewJeans dan label BELIFT LAB saling adu klaim mengenai dugaan perundungan yang diungkap oleh Hanni NewJeans. Kabar ini menyeret grup di bawah label tersebut yaitu ILLIT.

September lalu, NewJeans mengadakan siaran langsung untuk menyuarakan dukungan mereka kepada CEO ADOR, Min Hee Jin di tengah konflik dengan perusahaan HYBE. Kemudian, Hanni menceritakan insiden ketika seorang manajer dari grup lain meminta grup untuk cuek ketika Hanni mencoba menyapa mereka.

Ketika siaran berlangsung, Hanni tidak menyebutkan grup yang dimaksud. Ia mencoba membicarakan situasi itu ke CEO baru mereka, Kim Ju Young tapi tidak mendapat respons baik karena kurangnya bukti kuat.

Mengutip Ilgan Sports, para ibu dari dua member NewJeans menyayangkan cara CEO baru menangani insiden ini. Mereka menjelaskan insiden itu terjadi pada akhir Mei lalu dan diberitahu kepada Kim Ju Young pada Juni.

Mereka menyebut video CCTV yang menampilkan Hanni dengan grup itu hanya tersedia delapan detik, sementara sisanya dihapus.

“Ketika kami bertanya mengapa sisa footagenya dihapus, (pihak keamanan) menjawab mereka tidak tahu karena orang yang mengurus CCTV itu keluar dari perusahaan,” klaim dua ibu dari dua member NewJeans.

“Bukankah HYBE harusnya netral dan melakukan investigasi? Dan bukannya departemen atau orang yang menangani perundungan di tempat kerja di HYBE harus mengurusnya?” tanya mereka.

BELIFT LAB merespons wawancara tersebut melalui media sosial dengan mengungkap siapa grup yang dimaksud. Mereka secara jelas menyebut ILLIT dalam pernyataan tersebut.

“Tidak ada staf ILLIT yang mengatakan apapun seperti “Cuekin saja” kepada member NewJeans. Member ILLIT tidak pernah melewati tanpa menyapa member NewJeans,” tulis BELIFT LAB.

Kemudian label menyebut bahwa mereka bisa meyakini pernyataan mereka melalui video CCTV dan investigasi. Mereka juga menjelaskan informasi lengkap mengenai kejadian itu.

“Pertemuan dua grup hanya terjadi pada 27 Mei ketika mereka berada di gedung HYBE selama lima menit. Footage yang menunjukkan member ILLIT keluar dari lift dan memberi hormat 90 derajat kepada Hanni NewJeans yang berdiri di depan mereka,” jelas mereka.

Pihak BELIFT juga menyebut video yang dihapus juga tidak bisa dibuat sebagai bukti karena dalam tidak ada suara dalam video CCTV.

“Mereka mengklaim videonya dihapus tapi ini juga argumen yang tidak bisa ditangguhkan karena suaranya tidak terekam di CCTV,” kata mereka.

“Kami menghindari mengomentari isu ini untuk menjaga pekerja kami yang berada di posisi lemah dibanding artis terkenal,” katanya.

Pihak BELIFT menuntut permintaan maaf dari member NewJeans dan ADOR, tapi mereka mengklaim belum mendapat balasan. Pihak NewJeans dan ADOR juga belum memberi respons terhadap penyataan BELIFT LAB yang terbaru.