Bagikan:

JAKARTA - 5 hari setelah respons HYBE, kini ADOR kembali memberi penjelasan HYBE yang membantah seluruh klaim CEO ADOR, Min Hee Jin. Mulai dari proses audit yang dilakukan tanpa pemberitahuan serta bantah menjadikan NewJeans sebagai grup perempuan pertama HYBE.

HYBE juga menyatakan penundaan debut NewJeans dikarenakan urusan perpindahan kontrak dan waktu. Mereka juga mengklaim NewJeans adalah grup yang yang paling banyak dipromosikan dari segi pengiriman pers rilis dibanding grup lainnya.

“Kami menyesali harus merilis pernyataan terkait isu ini dibanding menyoal artis kami terutama ketika NewJeans baru merilis lagu baru,” kata ADOR memulai pernyataan pada hari ini, Kamis 2 Mei.

“ADOR secara berulang meminta HYBE untuk menghindari aktivitas media yang tidak berkaitan dengan artis agar nilai NewJeans tidak rusak. HYBE juga menyatakan mereka tidak akan merespons konferensi pers yang digelar CEO Min Hee Jin. Kami merasa kecewa HYBE terus membantah lewat media kurang dari sehari,” kata mereka.

Diketahui awalnya HYBE enggan merespons pernyataan Min Hee Jin. Namun beberapa jam kemudian mereka merilis pernyataan respons.

ADOR merasa klaim HYBE soal pengambilan hak manajemen adalah rumor tidak berdasar. Mereka tidak punya keinginan untuk mewujudkan hal itu, bahkan ketika direksi ADOR mengalami ketidakamanan dengan pemberitaan negatif terhadap label mereka.

HYBE sebagai kepala perusahaan bukan melindungi mereka, justru merespons agar tidak khawatir dengan Min Hee Jin dan mengeluarkan pernyataan seperti “Jika kamu digugat dan diputus oleh orang tersebut, bagaimana kamu membayar ganti ruginya? Pikirkan keluargamu.” Itu kata-kata yang diberikan manajemen HYBE kepada Wakil ADOR.

“Dikatakan bahwa CEO Park Ji Won membalas email internal ADOR pada 22 April pukul 10 pagi. Pada saat yang sama, HYBE tidak hanya memulai audit termasuk menyita laptop wakil presiden tapi juga mengirimkan surat yang menuntut pengunduran diri Min Hee Jin serta rapat pemegang saham,” lanjut manajemen.

“Beberapa jam setelahnya, artikel terus diterbitkan, mengumumkan audit manajemen ADOR. Keesokan harinya, artikel berlanjut seolah-olah itu adalah siaran langsung dengan aktivitas media agresif HYBE. Kami ingin bertanya kepada HYBE. Apa tanggapan Anda terhadap email pelaporan pelanggaran internal Min?” kata mereka.

“HYBE secara publik mendeklarasikan NewJeans seagai grup Min Hee Jin dan grup pertama HYBE sejak “Plus Global Audition”. Ini adalah fakta yang diingat oleh orang tua member NewJeans dan karyawan ADOR. Tapi setelah Sakura dan Kim Chaewon direkrut, LE SSERAFIM menjadi grup pertama HYBE, dan mereka tidak menempati janji,” kata pihak ADOR.

“Meski kebenaran proses debut NewJeans, HYBE mengklaim jadwal debut NewJeans harus ditunda karena divisi dan transfer kontrak. Sangat disesali HYBE terus berbohong tentang kebenaran yang terjadi,” kata mereka.

ADOR juga menyayangkan HYBE berbohong soal larangan mempromosikan NewJeans sebelum LE SSERAFIM. Menurut mereka, tidak ada hubungannya mempromosikan grup baru ADOR terdiri dari anak baru dengan Sakura yang bergabung dengan SOURCE MUSIC.

HYBE yang menyebut ini persoalan jarak waktu merasa alasan itu tidak masuk akal. ADOR mengatakan HYBE ingin membuat publik bingung agar menyangka LE SSERAFIM sebagai grup Min Hee Jin.

“CEO HYBE, Park Ji Won meminta Min Hee Jin secara langsung agar ADOR tidak promosi NewJeans. Ini dikonfirmasi dari percakapan mereka tapi HYBE terus mengubah cerita mereka dengan alasan yang tidak masuk akal,” katanya.

“Kesuksesan NewJeans dan pencapaian ADOR yang terjadi dalam waktu singkat adalah hasil pemikiran bisnis. Ini bagian dari cara HYBE menolak kesuksesan ADOR. Keuntungan ADOR dilakukan dengan mengelola budget dan menekankan image. Kalau apa yang mereka klaim itu benar, kenapa Min Hee Jin dan karyawan ADOR bekerja siang dan malam?” ujar mereka.

ADOR akan terus mendukung aktivitas NewJeans terlepas konflik dengan manajemen mereka. Mereka berharap HYBE bisa mendukung ADOR dalam mengelola grup NewJeans.